Dianggap Penyebab Gempa Bumi, Inilah Poseidon Dewa Mitologi Yunani Sang Penguasa Lautan

Dianggap Penyebab Gempa Bumi, Inilah Poseidon Dewa Mitologi Yunani Sang Penguasa Lautan

Bencana gempa bumi dalam kepercayaan masyarakat Yunani kuno biasanya selalu dikaitkan dengan Poseidon. --

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Poseidon, salah satu dewa mitologi Yunani terkuat yang menguasai laut, sungai dan danau. Ia merupakan saudara dari Zeus dan Hades yang memerintah dunia dalam mitologi Yunani. Sebagai dewa laut, Poseidon dianggap sebagai penguasa lautan dan semua makhluk laut.

BACA JUGA:2 Jalan Mudah Top Up Saldo OVO Lewat Aplikasi DANA

Salah satu ciri khas Poseidon adalah membawa trisula atau garpu besar yang disebut "trident."Sebagai dewa laut, sosok Poseidon sangat menarik untuk dibahas. Ada beberapa fakta menarik mengenai Poseidon yang jarang diketahui orang. Berikut ini Indozone akan berikan beberapa fakta menarik Poseidon:

BACA JUGA:Mau Kulit Tetap Lembap dan Bersinar? Hindari Sinar Matahari Langsung!

1. Simbol Trisula
Poseidon sering digambarkan membawa sebuah trisula atau garpu besar yang disebut "trident." Trident ini adalah simbol utamanya dan digunakan sebagai alat untuk menciptakan gempa bumi atau mengguncang lautan.

BACA JUGA:Kesalahan Umum yang Harus Dihindari agar Makeup Tidak Pilling Lagi

2. Kuda
Poseidon sering diasosiasikan dengan kuda. Dalam mitologi Yunani, ia menciptakan kuda pertama kali dengan memukul batu besar dengan tridentnya, dan dari batu tersebut lahirlah kuda yang disebut Pegasus.

BACA JUGA:Pemula Wajib Tahu! Ini Dia Tips agar Eyeshadow Tidak Kusut di Lipatan Mata

3. Bersaing dengan Athena
Salah satu mitos terkenal yang melibatkan Poseidon adalah persaingannya dengan dewi Athena dalam memilih siapa yang akan menjadi pelindung kota Athena (yang kemudian dinamai sesuai namanya). Mereka berdua bersaing dengan memberikan hadiah kepada kota, dan Poseidon menciptakan mata air garam, sedangkan Athena memberikan pohon zaitun. Athena akhirnya memenangkan kompetisi tersebut.

4. Punya Banyak Istri dan Anak
Poseidon memiliki beberapa istri dan anak. Salah satu istri terkenalnya adalah Amphitrite, dewi laut. Bersama-sama, mereka memiliki anak-anak seperti Triton, dewa laut, dan Rhode, dewi pulau.

BACA JUGA:Biar Makin Cantik, Ini Tips Jitu Memilih Cream dan Powder Blush yang Cocok untuk Jenis Kulitmu

5. Penyebab Gempa Bumi
Bencana gempa bumi dalam kepercayaan masyarakat Yunani kuno biasanya selalu dikaitkan dengan Poseidon. Dalam aspek ini, ia dikenal sebagai enosichthon dan ennosigaios (pengguncang bumi) dan dipuja sebagai asphalios (stabilisator). Itulah beberapa fakta menarik tentang Poseidon, dewa mitologi Yunani sang penguasa lautan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: