Bensin Juga Bisa Basi, Ketahui Penyebabnya

Bensin Juga Bisa Basi, Ketahui Penyebabnya

Ilustras mengisi bensin-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

2. Hindari Menyimpan Bensin Terlalu Lama Pada Tangki

Salah satu faktor penyebab bensin menjadi basi adalah penyimpanan yang terlalu lama. Karena itu, hindari menyimpan bensin pada tangki terlalu lama, segera gunakan dan lakukan isi ulang secara berkala sebelum kualitasnya menurun.

3. Panaskan Mesin Mobil Minimal 2 Kali Seminggu

Proses pemanasan akan membantu menghilangkan kelembaban dan kondensasi di dalam tangki bensin, serta mencegah terjadinya penurunan kualitas. Ini bisa dilakukan jika mobil Anda tidak akan digunakan bepergian dalam waktu lama.

4. Kosongkan Tangki Jika Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk memanaskan mesin, maka solusinya adalah dengan mengosongkan tangki. Dengan mengosongkan tangki, Anda dapat menghindari potensi kerusakan pada sistem bahan bakar akibat bensin yang basi.

5. Hindari Memarkir Mobil di Bawah Terik Matahari

Terakhir, hindari memarkir kendaraan Anda di bawah sinar matahari langsung untuk waktu yang lama. Pasalnya, suhu panas berlebih dapat mempercepat penguapan bensin dan mengurangi kualitasnya. Sebaiknya, parkirkan kendaraan di tempat teduh.

Dengan menerapkan berbagai langkah di atas, Anda bisa mencegah penurunan kualitas bahan bakar hingga berubah menjadi bensin basi. Jika hal ini diabaikan, maka performa dan kinerja kendaraan akan menurun, bahkan dapat memicu kerusakan komponen mesin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: