Bensin Juga Bisa Basi, Ketahui Penyebabnya

Bensin Juga Bisa Basi, Ketahui Penyebabnya

Ilustras mengisi bensin-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Bensin yang sudah basi dapat merusak sistem bahan bakar kendaraan. Pasalnya, endapan dan sedimen yang terbentuk akibat bensin kadaluarsa ini dapat menyumbat filter bahan bakar dan menghambat aliran bahan bakar yang optimal.

Hal ini dapat mengganggu kerja mesin dan menyebabkan kendaraan sulit untuk dihidupkan atau berhenti secara mendadak. Bahkan dalam beberapa kasus, ini bisa membuat kendaraan tidak bisa dijalankan.

3. Peningkatan Emisi Polutan

Bensin basi cenderung menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna, mengeluarkan lebih banyak gas buang beracun seperti karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), dan hidrokarbon (HC).

Berbagai gas di atas adalah contoh gas rumah kaca yang menjadi pemicu terjadinya pemanasan global. Jadi, tingkat, emisi yang tinggi ini dapat merusak lingkungan dan berkontribusi terhadap polusi udara.

4. Kerusakan Komponen Mesin

Selanjutnya, bensin kadaluarsa juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin kendaraan. Contohnya seperti injektor dan pompa bahan bakar, karburator, dan lain sebagainya.

Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan performa mesin menurun akibat efisiensi pembakaran yang berkurang. Selain itu, biaya perbaikannya juga cenderung lebih tinggi dibanding tipe kerusakan biasa.

5. Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Jika menggunakan bensin yang sudah kadaluarsa, maka efisiensi bahan bakarnya akan menurun. Hal ini karena kualitas bahan bakar sudah menurun sehingga tidak bisa memberikan pembakaran yang optimal.

Ini berarti, kendaraan akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar dibanding biasanya. Misalnya, jika 1 liter bensin normal bisa menempuh jarak 10 km, maka pada bensin kadaluarsa jarak tempuhnya akan berkurang.

Cara Mencegah Penurunan Kualitas Bensin

Untuk menghindari berbagai dampak negatif akibat penggunaan bensin basi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini rincian cara pencegahannya :

1. Isi Tangki Bensin Hingga Penuh

Mengisi tangki hingga penuh dapat membantu mengurangi ruang kosong di dalam tangki. Ini akan mengurangi peluang pengembunan dan kondensasi, serta mengurangi penguapan bensin berlebih yang dapat mempengaruhi kualitas bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: