Cek Kondisi Kaki-Kaki Mobil, Jangan Diabaikan karena Bisa Sebabkan Kecelakaan

Cek Kondisi Kaki-Kaki Mobil, Jangan Diabaikan  karena Bisa Sebabkan Kecelakaan

Ilustrasi bagian kaki-kaki mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Komponen Rack Steering, rack end, dan tie rod sangat berpengaruh terhadap pengendalian mobil karena terhubung langsung dengan setir. Kondisi dari ketiga komponen tersebut sangat menentukan kestabilan dari kendaraan.

Cara mengecek kondisi ketiga komponen ini cukup mudah. Angkatlah mobil terlebih dahulu, kemudian pegang dan gerakan ban ke arah kiri dan kanan. Pemilik mobil juga bisa menggunakan setir mobil untuk menggerakan ban. Apabila ada bunyi gesekan atau seperti beradu, maka terdapat masalah pada ketiga komponen tersebut.

3. Cek Bagian Shockbreaker

Pemeriksaan shockbreaker pada mobil bisa dilakukan melalui tes drive kendaraan melewati jalan yang berlubang. Pastikan guncangan pada mobil tidak keras dan tidak muncul bunyi asing dari bagian kaki-kaki kendaraan. 

Pemilik mobil juga bisa memeriksa kondisinya dengan cek fisik. Shockbreaker terletak di antara ban dan fender mobil. Pastikan tidak ada robek atau kebocoran pada shockbreaker.

BACA JUGA:Pemilik Mobil Wajib Tahu, Inilah 10 Manfaat Spooring dan Balancing

4. Mengecek Laher Roda

Cara untuk memeriksa laher roda cukup mudah. Dongkraklah mobil terlebih dahulu, kemudian periksa pada bagian roda. Putarlah roda ke arah belakang bersamaan dengan memegang shockbreaker. Apabila ada getaran kasar pada shockbreaker ketika roda diputar, maka dipastikan laher roda bermasalah.

5. Ball Joint

Sesuai dengan namanya, ball joint merupakan komponen yang memiliki bentuk seperti roda dan dilapisi dengan karet. Komponen ini ditemui di bawah komponen tie road dan berfungsi untuk menghubungkan roda ke sasis kendaraan.

Untuk memeriksa kondisi ball joint, perhatikan bagian karet yang melapisinya Pada umumnya, karet mengalami robek sehingga oli pada ball joint keluar. Setelah itu, gerakan roda ke atas dan ke bawah menggunakan tangan.

6. Periksa Bagian Bearing Roda

Bearing roda mobil bisa menjadi aus akibat faktor usia kendaraan atau jarak tempuh yang sudah tinggi. Salah satu cara untuk memeriksa bagian bearing roda adalah dengan mendongkrak mobil. Kemudian, putarlah ban searah jarum jam. Bearing yang sudah aus akan mengeluarkan suara berdecit atau roda bergetar.

BACA JUGA:Ayo Coba! Inilah 9 Tips dan Trik Agar Mobil Tidak Dimasuki Tikus

7. Kondisi Ban dan Velg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: