Cek Kondisi Kaki-Kaki Mobil, Jangan Diabaikan karena Bisa Sebabkan Kecelakaan

Cek Kondisi Kaki-Kaki Mobil, Jangan Diabaikan  karena Bisa Sebabkan Kecelakaan

Ilustrasi bagian kaki-kaki mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Ban dan velg merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan. Pemilik mobil bisa memperhatikan bentuk fisik pada ban mobil dengan mengecek kedalaman alurnya. Pastikan alur ban dalam keadaan baik dan tidak aus. Selain itu, pastikan karet ban tidak ada yang retak.

Untuk pengecekan pada bagian velg, perhatikan bentuk fisiknya. Pastikan tidak ada gelombang, retak, atau penyok pada fisik velg mobil.

8. Periksa Stabilizer dan Link Stabilizer

Stabilizer adalah besi yang menempel pada bagian link stabilizer dengan posisi horizontal dan terletak di link stabilizer merupakan komponen besi yang berdiri secara vertikal dengan bagian atas yang menempel pada stabilizer.

Pengecekan stabilizer bisa dilakukan dengan memberi pukulan halus menggunakan tangan. Apabila stabilizer oblak, maka komponen tersebut bermasalah. Sementara pengecekan link stabilizer bisa dilakukan langsung dengan menggoyangkannya.

9. Memeriksa Karet Bushing Arm

Komponen ini berfungsi untuk menjaga gerak naik turun ban pada as roda. Untuk mengecek komponen ini, belokan setir ke kiri atau kanan hingga mentok. Kemudian, periksalah komponen karet berwarna hitam yang berada di ujung as roda. Apabila karet tersebut pecah, maka karet bushing arm perlu diganti.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi kaki-kaki mobil. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: