Shockbreaker Motor Rusak ? Ini Dia Tandanya

Shockbreaker Motor Rusak ? Ini Dia Tandanya

kinerja shockbreaker akan menurun atau rusak sehingga kenyamanan berkendara jadi berkurang-astra-honda.com-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu merasa tidak nyaman naik kendaraan bermotor? mungkin sebagian dari rasa ketidaknyamanan tersebut diakibatkan karena Shockbreaker yang tidak berfungsi dengan baik. 

Apa itu Shockbreaker? Shockbreaker atau suspensi berfungsi untuk meredam kejut atau guncangan saat sepeda motor melintasi jalan tidak rata atau berlubang. 

Selain itu, shockbreaker yang baik juga akan memberikan Kestabilan dan kenyamanan saat sepeda motor dikendarai baik dalam kecepatan rendah, tinggi atau saat melewati tikungan. 

Maka tak heran, sebagian besar penyebab ketidaknyamanan yang terjadi saat berkendara disebabkan Shockbreaker yang sudah tidak berfungsi lagi. 

BACA JUGA:NMax 160 Dek Rata Segera Meluncur dengan Harga Terjangkau!

Sama seperti mesin pada umumnya Shockbreaker memiliki masa pakai dalam jangka waktu tertentu. Seiring usia pakai, kinerja shockbreaker akan menurun atau rusak sehingga kenyamanan berkendara jadi berkurang, terutama saat melintasi jalan yang tidak mulus atau bergelombang. 

Namun, sayangnya tanda kerusakan shockbreaker sering diabaikan sehingga kondisinya akan semakin buruk. Ada beberapa gejala atau ciri-ciri yang dapat memberitahu bahwasanya mungkin ada kerusakan terhadap Shockbreaker. 

Berikut beberapa tanda yang mungkin menunjukkan bahwa shockbreaker sudah rusak:

1. Guncangan Berlebih

Saat sepeda motor melintasi jalan tidak rata atau berlubang, guncangan yang tidak wajar akan sangat terasa, itu mungkin tanda bahwa kinerja suspensi sudah menurun.

BACA JUGA:NMax 160 Dek Rata Segera Meluncur dengan Harga Terjangkau!

2. Ban Terasa Oleng

Ketika sepeda motor dikendarai dan ban terasa oleng bahkan saat melintasi permukaan jalan yang rata, itu juga tanda shockbreaker harus diganti. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa membahayakan pengendara terlebih saat melewati tikungan.

3. Muncul Suara Aneh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: