Vira Ria Rinjani, Perempuan Berdarah Rejang yang Sukses Budidayakan Maggot dari Limbah Sampah Organik

Vira Ria Rinjani, Perempuan Berdarah Rejang yang Sukses Budidayakan Maggot dari Limbah Sampah Organik

Vira Ria Rinjani-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Terima Penghargaan dan Sambutan Positif dari Masyarakat

Kontribusi Vira yang memanfaatkan sampah organik di Kabupaten Kepahiang serta membantu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya di sekitarnya mendapat dan apresiasi dalam Satu Indonesia Award di bidang lingkungan. Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi Vira untuk terus berjuang dan meluaskan dampak positif proyeknya.

Masyarakat yang awalnya ada yang mengejek dan mencemooh Vira, kini mulai menyambut positif apa yang dilakukan Vira ini. Masyarakat berharap akan ada banyak generasi muda yang juga memiliki visi yang sama dengan Vira dimasa mendatang.

BACA JUGA:Dr Ninik Rahayu, Ketua Dewan Pers 2022-2025 Terpilih, Ini Profilnya

Salah satu apresiasi positif diberikan kepada Vira datang dari seorang blogger, Uniek Kaswarganti. Uniek berharap semoga banyak Vira Vira yang lain muncul di berbagai belahan bumi agar makin banyak kebaikan dan kebermanfaatan yang muncul.

“Vira ini bibit unggul yang punya visi dan keteguhan. Semoga banyak Vira Vira yang lain muncul di berbagai belahan bumi agar makin banyak kebaikan dan kebermanfaatan yang muncul. Anak muda tidak hanya identik dengan sesuatu yang viral saja, namun bisa juga menghasilkan karya dan pemikiran yang bermanfaat bagi banyak orang dalam jangka panjang,” komentar Uniek.

Vira dianggap sebagai seseorang yang berpotensi besar (bibit unggul) karena memiliki visi yang jelas dan keteguhan dalam menghadapi tantangan. Dia memiliki tujuan yang jelas dan komitmen yang kuat dalam mencapainya.

Bukan hanya Uniek, komentar positif lainnya juga datang dari Travel Blogger, Meimoodaema, Sabrina memberikan apresiasi dan pujian kepada Vira atas karya dan inovasinya. 

Diharapkan bahwa karya yang telah dihasilkan Vira akan menjadi sumber inspirasi bagi generasi berikutnya untuk menemukan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat, dan dapat membawa manfaat positif bagi masyarakat secara keseluruhan.

Menurutnya karya dan inovasi Vira memiliki peran yang sangat tepat dan penting. Usaha Vira untuk menciptakan karya dan inovasi memberikan dampak positif dan relevan dengan kebutuhan dan tantangan zaman sekarang.

“Yang muda yang berkarya itu tepat banget ya, dan di tangan orang yang tepat semuanya menjadi bermanfaat. Keren banget adek, semoga menginspirasi generasi lainnya untuk menemukan inovasi-inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” komentar Sabrina.

Target Budidaya Maggot Berskala Besar

Meskipun sudah dianggap salah pelaku budidaya maggot yang berhasil, Vira merasa belum puas. Dia ingin mengembangkan budidaya maggot ini menjadi komoditi ekspor berupa Dry Maggot dan Tepung Maggot. 

Dry Maggot (magot kering) memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada Fresh Maggot. Namun, untuk mencapai produksi Dry Maggot yang besar, Vira masih menghadapi tantangan seperti biaya dan alat yang diperlukan.

Sebagai seorang pejuang lingkungan dan pencinta lingkungan, Vira berharap agar lebih banyak pemuda desa dapat bergabung dalam proyeknya. Dengan semakin banyaknya anggota, Vira yakin mimpi budidaya maggot berskala besar akan lebih mudah tercapai. Selain itu, Vira juga mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan pemerintah pusat, untuk membiayai dan mendukung proyeknya agar ia tidak sendirian dalam berjuang menghadapi tantangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: