Lebaran Khas Indonesia Ini yang Bikin Kangen Kampung Halaman, Ini Tradisinya

Lebaran Khas Indonesia Ini yang Bikin Kangen Kampung Halaman, Ini Tradisinya

Indonesia memiliki tradisi hari raya tersendiri dan menjadi kebiasaan yang paling dirindukan. Apa saja sih?-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Pembuatan ketupat bisa dibuat sendiri menggunakan daun ketupat atau janur lalu diisi dengan beras dan merebusnya di malam lebaran. Namun, ada juga pedagang yang sudah menjual ketupat siap makan.

4. Menyediakan Kue

Jelang lebaran, kue-kue kering biasanya banyak dijajakan di pasar tradisional hingga mall. Banyak juga orang-orang Indonesia yang membuat kue sendiri di bulan Ramadan untuk menyambut lebaran. Kue yang khas disajikan di Indonesia saat lebaran, di antaranya kue nastar, putri salju, kue kacang, kastengels, dan masih banyak aneka kue kering lainnya.

BACA JUGA:Kemunculan 30 Dajjal Kecil Jelang Hari Kiamat, Sebelum Dajjal Besar Muncul

5. Membagikan THR

THR merupakan singkatan dari tunjangan hari raya. Namun, membagikan THR saat lebaran seringkali dimaknai sebagai pemberian uang saku atau uang hadiah untuk anak-anak kecil, baik keponakan, sepupu, kerabat, tetangga, remaja, bahkan orang dewasa muda yang belum berkeluarga. Di Indonesia, beberapa perusahaan biasanya juga akan membagikan THR bagi para karyawannya sesuai dengan standar ketetapan pemerintah.

6. Mengenakan Baju Baru

Mengenakan baju baru saat lebaran menjadi ciri khas sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbelanja baju menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu saat hari lebaran. Bahkan, sejak awal bulan Ramadan pun sudah banyak ditemukan promo-promo lebaran dimana-mana bagi para pemburu baju baru.

7. Mengirim Parcel Lebaran

Mengirim parcel lebaran biasanya dijadikan sebagai bagian dari silaturahmi ketika berkunjung ke rumah sanak saudara atau kerabat terdekat. Biasanya, isi parcel lebaran dapat berupa kue, sirup, teh, camilan, makanan kaleng, hingga barang-barang unik lainnya.

8. Takbiran

Takbiran merupakan tradisi khas di Indonesia yang berlangsung di malam hari sebelum lebaran tiba. Orang-orang akan berkeliling seraya mengumandangkan takbir dan menabuh bedug dengan meriah. Pawai takbiran di Indonesia bisa berbeda-beda di setiap daerah bergantung dengan tradisi yang biasa diadakan di daerah tersebut. Kalau detikers ikutan takbir keliling, lakukan dengan tertib dan jangan lupa perhatikan pengguna jalan juga, ya!

9. Ziarah Kubur

Hari lebaran umumnya juga menjadi momen untuk mengunjungi makam keluarga dan orang tua. Saat melakukan ziarah kubur, umat muslim Indonesia biasanya mendoakan keluarga yang telah mendahuluinya kemudian dilanjutkan dengan menaburkan bunga dan menyiram air.

10. Menyalakan Petasan dan Kembang Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: