Lebaran Khas Indonesia Ini yang Bikin Kangen Kampung Halaman, Ini Tradisinya

Lebaran Khas Indonesia Ini yang Bikin Kangen Kampung Halaman, Ini Tradisinya

Indonesia memiliki tradisi hari raya tersendiri dan menjadi kebiasaan yang paling dirindukan. Apa saja sih?-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia memiliki tradisi hari raya tersendiri dan menjadi kebiasaan yang paling dirindukan. Apa saja sih?

Indonesia memiliki tradisi hari raya tersendiri dan menjadi kebiasaan yang paling dirindukan.

Setiap lebaran, masyarakat Indonesia biasanya melaksanakan sholat Ied berjamaah di masjid atau di lapangan. 

Tidak hanya itu, hari raya Idul Fitri di Indonesia juga diperingati sebagai hari libur nasional sehingga momen tersebut sangat tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar.

BACA JUGA:Ariel Noah Pilih Mudik Pake Motor, Begini Penampakan Ariel Saat Mudik

Dirangkum dari laman NU Online, berikut ini 11 tradisi khas lebaran di Indonesia yang biasa dilakukan.

Tradisi Khas Lebaran di Indonesia

1. Mudik

Mudik adalah tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh para perantau di luar kota untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga. Dipilihnya momen Idul Fitri untuk mudik, salah satunya karena di hari tersebut menjadi hari libur nasional dan cuti bersama yang cukup panjang.

2. Halal bi Halal dan Silaturahmi

Halal bi halal dan silaturahmi adalah tradisi yang biasa dilakukan saat lebaran untuk berkunjung dan berkumpul bersama teman, kerabat, dan keluarga besar. Biasanya, saat berkunjung juga terdapat budaya sungkeman atau menyalami orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan dan saling memohon maaf.

BACA JUGA:Lebaran dengan Lebih Tenang dengan Gunakan Jasa Bisnis Laundry

3. Makan Ketupat

Makan ketupat menjadi tradisi andalan setiap kali lebaran di Indonesia. Selepas pulang dari sholat Ied, biasanya keluarga berkumpul dan menikmati hidangan ketupat bersama. Ketupat khas Indonesia biasanya dimakan bersama opor ayam, rendang daging, dan kerupuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: