Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Jangan Sampai Termakan Mitos Ya!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Jangan Sampai Termakan Mitos Ya!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat hamil, Anda pasti akan sering sekali merasa kegerahan. Sehingga ingin sekali minum air es yang dingin dan menyegarkan. Namun kadang Anda ragu karena banyak yang bilang kalau minum air es nanti bayinya bisa besar ukurannya dan membuat Anda susah melahirkan. Sebenarnya bolehkah ibu hamil minum es? Berikut fakta lengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Minum Es Saat Hamil Tidak Berbahaya

Dilansir dari web Healthline, ibu hamil boleh minum air es dan tidak berbahaya. Karena sebenarnya ukuran dan berat badan bayi tidak dipengaruhi oleh kondisi air yang diminum ibu hamil. Jadi kalau Anda hamil dan minum air es tidak apa, selama minuman tersebut tidak ada kandungan yang membahayakan ibu dan bayi. Jadi bolehkah ibu hamil minum es, jawabannya tidak apa-apa!

2. Ukuran Bayi Tidak Dipengaruhi Minuman Es

Perlu Anda tahu kalau ukuran bayi lebih dipengaruhi oleh genetik, riwayat melahirkan bayi berat badan besar, lahiran lebih dari HPL dan jenis kelamin bayi. Yang kesemuanya tidak ada hubungannya dengan mitos ibu hamil dilarang minum air es, takut bayinya besar.

3. Minum Air Es Bisa Merangsang Kandungan Janin Lebih Aktif

Karena minum es saat hamil tidak berbahaya, ternyata bisa merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan lebih aktif. Bila Anda sudah berusaha mengetuk perut tapi bayi tidak membalas dengan tendangan, Anda boleh mencoba meminum air es.

4. Sering Disebabkan Karena Kondisi Pica

Pica adalah salah satu gangguan makan yang sering dialami oleh ibu hamil, di mana ingin sekali memakan sesuatu yang kadang tidak masuk akal dan tidak memiliki nilai gizi apapun. Bahkan pica bisa bermacam-macam bentuknya, mulai makan kertas, makan mangga hingga sampai makan kotoran dll.

Hingga saat ini tidak ada alasan kenapa ibu hamil bisa mengalami pica, namun biasanya dihubungkan dengan kekurangan zat besi, malnutrisi, dan gangguan kesehatan mental. Ibu hamil yang minum air es juga dihubungkan dengan adanya pica dalam kehamilannya.

5. Pastikan Menggunakan Es atau Air Dingin dari Air yang Dimasak

Walau jawaban dari bolehkah ibu hamil minum es adalah diperbolehkan, tapi tetap perhatikan air es atau es yang Anda gunakan. Pastikan kebersihan dan keamanan es yang dikonsumsi. Tidak ada salahnya menghindari mengkonsumsi es batu, karena kebanyakan es batu yang digunakan dalam minuman dingin berasal dari air yang belum dimasak. Ini bisa membuat kesehatan Anda dan bayi menjadi bahaya. Lebih nyaman bila Anda membuat sendiri es batu yang akan dikonsumsi, jadi es batunya pasti berasal dari air yang sudah dimasak. 

Jadi tidak perlu lagi bertanya mitos bolehkah ibu hamil minum es lagi ya, karena Anda sudah tahu kalau ibu hamil boleh minum air es. Jangan ragu lagi dan pastikan es batu atau air es dimasak terlebih dahulu hingga matang. Semoga Anda sehat selalu hingga persalinan nanti! (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: