Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Penyebab Stunting pada Anak!

Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Penyebab Stunting pada Anak!

Jangan anggap remeh stunting karena menyangkut masa depan anak --Foto Istimewa

BENGKULUESKPRESS.COM - Stunting adalah masalah gizi kronis yang kompleks. Dampak Stunting pada anak pun tidak terbatas pada fisiknya yang menjadi jauh lebih pendek dari teman-teman seusia, namun juga masalah lainnya.

Perkembangan otak anak, misalnya, menjadi tidak maksimal sehingga kecerdasannya terganggu. Saat dewasa nanti, anak juga lebih rentan terserang penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya.   

Faktor penyebab stunting pada anak bisa bermacam-macam, mulai dari asupan nutrisi yang tidak terpenuhi pada masa 1.000 hari pertama kehidupan, masalah sanitasi, hingga faktor genetik dari orang tua.  Berikut ini adalah 10 penyebab stunting pada anak:

1. Gizi buruk saat hamil

Penyebab stunting pada anak umumnya terkait dengan status gizi ibu hamil yang buruk sehingga gizi yang didapat janin dalam kandungan tidak mencukupi. Kekurangan gizi inilah yang akan menghambat pertumbuhan janin dan bisa terus berlanjut setelah kelahiran dan menjadi penyebab stunting pada anak. 

2. Anemia pada masa kehamilan

Anemia defisiensi besi adalah kondisi yang serius yang disebabkan bumil kekurangan zat besi. Tubuh bumil membutuhkan zat besi untuk membuat lebih banyak darah guna memasok oksigen ke  janin. Kekurangan zat besi dapat membuat pertumbuhan janin dalam kandungan bisa terhambat sehingga meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan lahir rendah. Kedua kondisi inilah yang menjadi penyebab stunting pada anak. 

3.Tidak mendapat ASI eksklusif

Salah satu penyebab stunting pada anak adalah anak tidak mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan. Bagi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, ASI mengandung zat gizi yang lengkap dan  mudah diserap tubuh sehingga tidak mengganggu fungsi ginjalnya yang masih lemah. ASI juga mengandung sel darah putih yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. 

4.Anak kurang nutrisi saat MPASI

Cara pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang keliru juga menjadi salah satu penyebab stunting pada anak. Salah satu zat gizi yang biasanya kurang pada MPASI adalah  protein hewani, seperti daging merah, daging ayam, ikan dan telur. Kurangnya protein hewani, menurut penelitian, berhubungan dengan masalah gangguan pertumbuhan fisik pada anak balita, termasuk stunting. 

5. Sanitasi buruk

Masalah kebersihan, sanitasi, dan akses air bersih menjadi penyebab stunting pada anak yang kerap luput dari perhatian. Pasalnya, lingkungan yang tidak bersih dan higienis menyebabkan anak-anak rentan terkena penyakit infeksi berulang yang pada akhirnya bisa menghambat tumbuh kembangnya. 

6. Diare berulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: