Begini Tips Memilih Obat Batuk yang Benar, Jangan salah Pilih!

Begini Tips Memilih Obat Batuk yang Benar, Jangan salah Pilih!

--

BENGKULUEKSPRESS. COM - Batuk merupakan penyakit yang pernah dialami oleh semua orang. Tahukah anda apakah sebenarnya yang disebut Batuk? Berikut penjelasan Dra Tunik Saptawati,Apt.,M.Si.Med, Dosen STIKES Telogorejo Semarang.

Batuk merupakan refleksfisiologis sebagai upaya tubuh untuk mengeluarka suatu zat atau benda asing apabila terdapat gangguan saluran pernapasan dari luar.

Reflex ini bertujuan agar lendir maupun penyebab iritasi seperti debu atau asap dapat keluar dari paru-paru atau saluran pernapasan. Tentunya anda pernah mengalami batuk dengan gejala-gejala yang tidak sama. Secara garis besar ada dua jenis batuk yaitu batuk kering dan batuk basah.

Apakah batuk kering itu? Sesuai namanya batuk kering adalah jenis batuk yang tidak mengeluarkan lendir atau dahak. Penderita jenis batu kini biasanya merasakan gatal pada tenggorokan sehingga frekuensi batuknya lebih banyak. Jenis batuk ini bisa disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri ataupun efek samping pemakaian suatu obat.

Sebagai contoh penggunaan obat hipertensi Captopril akan memberikan efek samping berupa batuk kering. Biasanya dokter yang meresepkan obat atau apoteker yang menyerahkan obat di apotek akan menyampaikan efek samping ini.

BACA JUGA:Penyakit Vertigo-mu Kambuh, Ini Dia 7 Tahapan Pertolongan Pertamanya

BACA JUGA:Ketahui Biaya Melahirkan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Kemudian apa yang dimaksud dengan batuk basah?Jenis batuk ini adalah batuk yang produktif karena mengeluarkan lendir atau dahak.

Pastilah anda semua pernah mengalami kedua jenis batuk tersebut. Terlepas dari apapun jenisnya, penyakit batuk kita rasakan sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan sehari-hari, sehingga perlu segera dilakukan pengobatan.

Bagaimanakah pengobatan batuk yang benar ?Apakah harus selalu periksa ke dokter terlebih dahulu ataukah bisa diobati sendiri yang lazim disebut sebagai swamedikasi? Mari kita cermati cara pengobatan batuk yang tepat.

Apabila anda memutuskan untuk melakukan swamedikasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenali gejala batuk yang diderita, apakah termasuk batuk kering atau batuk basah.

Langkah kedua silahkan ke apotek terdekat untuk memilih batuk obat batuk yang sesuai dengan jenis batuk anda.

Jangan lupa ,untuk swamedikasi pilihlah batuk obat batuk dengan logo lingkaran hijau atau lingkaran biru pada kemasannya, yang artinya obat-obat tersebut adalah obat bebas dan obat bebas terbatas yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

BACA JUGA:Kepala Pusing Saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: