Viral Oralit Bisa Menahan Haus Saat Puasa, Ini Imbauan Kemenkes RI

Viral Oralit Bisa Menahan Haus Saat Puasa, Ini Imbauan Kemenkes RI

pesan kemenkes soal oralit-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau supaya masyarakat tidak berbondong-bondong membeli (panic buying) oralit yang viral di media sosial lantaran disebut efektif menahan rasa haus dan lemas saat berpuasa.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, jika sampai terjadi panic buying, ia khawatir apotek yang menyediakan oralit untuk orang yang membutuhkan seperti pasien diare kehabisan stok.

"Jadi tidak perlu panic buying ya. Tidak perlu stok oralit karena peruntukan oralit untuk orang yang diare, mual, dan muntah yang artinya terjadi dehidrasi. Pada orang berpuasa tidak ada dehidrasi," kata Nadia dilansir dari laman web CNNIndonesia.com.

Menurut Nadia, ibadah puasa selama Ramadan tidak mempengaruhi atau memperburuk kesehatan, tetapi hanya mengubah pola makan saja.

BACA JUGA:Viral Oralit Bisa Tahan Haus Saat Puasa! Benarkah?

BACA JUGA:Begini 5 Langkah Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

"Berpuasa sudah ada kajian bahwa pada orang yang sehat tidak perlu khawatir ya," ujarnya.

Terpisah, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dasril Nizam mengatakan, tidak ada yang salah mengkonsumsi oralit pada saat sahur.

Namun, ia menegaskan dua gelas air putih pada saat sahur sudah lebih dari cukup untuk memenuhi cairan selama berpuasa.

"Secara umum dalam bulan puasa apabila mengkonsumsi oralit sih sebenernya tidak sebagai bahan pokok ya, hanya suplemen. Boleh, apabila dalam kegiatan sebelumnya kekurangan cairan," kata Dasril dikutip dari CNNIndonesia TV.

BACA JUGA:Menjaga Asupan Gizi Selama Puasa Agar Tetap Bugar

BACA JUGA:Begini Cara Cek Kosmetik Skincare Asli atau Palsu dari BPOM

Dasril menyarankan agar masyarakat yang menjalankan ibadah puasa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup saat sahur. Tak ketinggalan juga makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, dan vitamin.(**)

Berita ini dilansir dari laman web CNN Indonesia dengan judul berita "Kemenkes Minta Masyarakat Tak Berbondong-bondong Beli Oralit".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: