Waduh! Menikah Bisa Membuat Anda Dihapuskan dari Daftar Penerima Bansos: Simak Kriteria Penerima Bansos

Waduh! Menikah Bisa Membuat Anda Dihapuskan dari Daftar Penerima Bansos: Simak Kriteria Penerima Bansos

Ilustrasi menikah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-https://pribadimanfaat.blogspot.com/2014/02/menikah-lantaran-bersin.html

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ditengah kabar bahwa penerima bantuan sosial (Bansos) terus diperbaharui serta bakal ada 10 ribu lebih penerima Bansos yang dicoret Kemensos. Ada beberapa kriteria yang bakal membuat anda tidak lagi menerima Bansos.

Seperti diketahui, berdasarkan keterangan dari YouTube resmi milik Kemensos RI, pencoretan penerima bansos tersebut dilakukan, seiring temuan BPK RI beberapa waktu lalu terkait beberapa penerima bansos regular dari Kemensos salah sasaran. 

Jika dijumlahkan, ada sebanyak 10.249 keluarga penerima manfaat (KPM) yang dihapus dari Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini terjadi adalah karena penerima bansos sudah tidak layak mendapatkan bansos tersebut. 

Selain tercatat sebagai ASN, bahkan ada juga yang tercatat sebagai pejabat di pemerintahan atau perusahaan.

BACA JUGA:10 Ribu Lebih Penerima Bansos Dicoret Kemensos! Tak Bisa Lagi Terima BLT

BACA JUGA:Cara Mudah Daftar Bansos PKH dan BPNT 2023 Lewat HP, Bisa Dapat Bantuan Uang Tunai 

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu saat ini sedang melakukan verifikasi ulang terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Mengingat saat ini perekonomian masyarakat juga banyak berubah, dari yang dahulunya masuk dalam kategori mampu menjadi kategori miskin karena pasca Covid, dan begitupun sebaliknya. 

Yang menarik, berdasarkan keterangan Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Sahat Marulitua Situmorang dikutip dari laman bengkuluekspress.disway.id teribt 5 Maret lalu, untuk mengimbangi hal itu sangat perlu dilakukan updating data, agar bantuan sosial dari pemerintah tidak salah sasaran kedepannya. 

"Kita dinamis menanggapi keadaan-keadaan yang dihadapi masyarakat kita, karena dulunya miskin sekarang sudah mampu, begitu juga sebaliknya," ujar Sahat, awal Maret 2023 lalu.  

Menurutnya pembaharuan data ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sebab banyak faktor yang harus diperhatikan. 

BACA JUGA:Punya Kartu Keluarga Sejahtera Langsung Dapat Bansos BPNT Rp 2.400.000, Begini Cara Membuatnya

BACA JUGA:Begini Cara Cek Bansos BPNT 2023, Bisa Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: