Aturan Baru, Beli Gas LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP, Kelompok ini yang Boleh Menerima

Aturan Baru, Beli Gas LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP, Kelompok ini yang Boleh Menerima

operasi pasar gas LPG di Bengkulu Tengah beberapa waktu lalu--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pembelian gas LPG ukuran 3 kg menggunakan syarat kartu tanda penduduk (KTP) resmi diberlakukan.

Sebab, aturan teknis pendistribusian isi ulang LPG tabung 3 kg telah dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Aturan tersebut berupa Keputusan Menteri ESDM Nomor 37.k/MG.01/MEM.M/2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran.

BACA JUGA:Kuota LPG 3 Kg untuk Kota Bengkulu Tidak Ditambah

Pada dasaranya aturan yang diteken Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 27 Februari 2023.

Aturan ini bertujuan mewujudkan pendistribusian isi ulang LPG 3 kg secara tepat sasaran ke pengguna yang terdiri atas konsumen kelompok rumah tangga, usaha mikro, nelayan sasaran, dan petani sasaran.

Berdasarkan Kepmen ESDM No. 37.K/MG.01/MEM.M/2023, pendistribusian isi ulang LPG tertentu (LPG 3 kg) secara tepat sasaran akan dilakukan dalam dua tahap.

Tahap 1, proses pendataan pengguna LPG tertentu oleh Badan Usaha Penerima Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tertentu ke dalam sistem berbasis web dan/atau aplikasi yang dibuat Badan Usaha Penerima Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tertentu.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Keluarkan Surat Edaran Terkait Kelangkaan Gas LPG 3 Kg di Pangkalan, Ini 6 Poin Imbauannya

Tahap II

1. Pemadanan data pengguna LPG tertentu yang telah terdata dalam sistem berbasis web dan/atau aplikasi yang dibuat Badan Usaha Penerima Penugasan Penyediaan dan Pendistribusian LPG Tertentu dengan data by name by address dengan peringkat kesejahteraan dari kementerian/lembaga terkait; dan

2. Pensasaran pengguna LPG Tertentu dengan ketentuan:

a) hanya pengguna LPG Tertentu yang telah terdata dan tercantum dalam data by name by address dengan peringkat kesejahteraan dari kementerian/lembaga terkait yang dapat membeli LPG Tertentu; dan

b) pengguna LPG Tertentu yang telah terdata dan tercantum dalam data by name by address sebagaimana dimaksud dalam huruf b angka 2 huruf a) dapat membeli LPG Tertentu dengan pembatasan volume pembelian LPG Tertentu per bulan per pengguna LPG Tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: