Kuota LPG 3 Kg untuk Kota Bengkulu Tidak Ditambah

Kuota LPG 3 Kg untuk Kota Bengkulu Tidak Ditambah

SPBE pengisian bahan bakarĀ gas-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Usulan penambahan kuota gas elpiji 3 kilogram yang diajukan Pemerintah Kota Bengkulu nampaknya tidak terealisasi.

Pasalnya, tidak ada penambahan kuota pada tahun depan dan jumlah kuota masih sama dengan tahun ini yakni 11.930 tabung. Hal ini berdasar pada tingkat kebutuhan gas 3 kg yang dalam setahun terakhir terpantau stabil di Kota Bengkulu.

Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagrin Kota, Erika Ariesanti mengatakan  di kota Bengkulu terdapat 112.855 kepala keluarga di rincian rumah tangga miskin 4995 keluarga, nelayan 5.011 keluarga, petani 6.382 keluarga, dan usaha mikro 15.000 keluarga.

Namun dalam tabel penerima bantuan gas 3 kilogram tidak semua kalangan menjadi penerima karena disesuaikan dengan tingkat pendapatan.

BACA JUGA:Menteri PPPA RI dan Para Istri Gubernur Bertamu ke Rumah Fatmawati di Bengkulu

BACA JUGA:Ternyata Air Putih Bisa Basi, Ini Penjelasannya

"Selain tidak ada menambah kuota, harga eceran tertinggi juga tidak mengalami perubahan dan sama seperti tahun ini  Rp15.300. Kita sudah melakukan rapat intensif, dan disimpulkan bahwa kota Bengkulu belum perlu menaikan harga gas LPG karena menimbang kemampuan masyarakat dengan adanya kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu," jelas Erika, Rabu (22/12/2022).

Untuk penetapan kuota gas yang didapatkan pemerintah kota tahun depan akan disampaikan awal Januari 2023. Diprediksi kuota yang ada seperti tahun ini masih mencukupi kebutuhan masyarakat dan belum ada kelangkaan yang terjadi. 

Pengawasan juga akan terus dilakukan mengingat gas 3 kilogram kedepan juga akan digunakan oleh nelayan yang beralih ke bahan bakar gas. Meski sempat diusulkan disediakan pangkalan khusus penyediaan kebutuhan para nelayan, namun nampaknya konsumsi gas LPG untuk melaut para nelayan masih akan didapat dari pangkalan setempat. (Imn)

BACA JUGA:Kevin Feliciano Simanjuntak alias Putra Kedaton, Putra Bengkulu Sukses Sponsori Piala Presiden Motoprix

BACA JUGA:Tabrak Mobil Mundur, 1 Tewas 1 Luka-luka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: