Ribuan Petugas Pantarlih se-Kota Bengkulu Dilantik, Tahapan Pemilu Semakin Dekat

Ribuan Petugas Pantarlih se-Kota Bengkulu Dilantik, Tahapan Pemilu Semakin Dekat

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni, S.E. dan Ketua KPU kota Martawansyah saat penyematan atribut petugas pantarlih, Minggu (12/02)-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebanyak ribuan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Bengkulu dilantik serentak di masing-masing kecamatan, Minggu (12/02/2023). 

Pelantikan pantarlih ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia sebagai tahapan pemilu yang semakin hari semakin dekat. 

Para petugas pantarlih ini merupakan ujung tombak pemutakhiran data pemilih yang akan menjadi pemilih di pemilu 2024 nanti. 

Ketua KPU kota Bengkulu, Martawansyah mengatakan, para petugas pantarlih nantinya akan memutakhirkan data pemilih secara door to door untuk memvalidkan data pemilih. 

BACA JUGA:Waspada Hujan Disertai Badai Landa Bengkulu

BACA JUGA:PLN Icon Plus Dukung Smart City Kabupaten Kaur

"Pantarlih akan melaksanakan pencocokan data pemilih secara manual dan elektronik (e-Coklit) untuk Pemilu 2024. Jadi selain melalui formulir, ada juga melalui aplikasinya. Untuk masa kerja Pantarlih maksimalnya selama 45 hari sejak dilantik dan dikukuhkan," jelas Martawansyah.

Setelah dilantik, para petugas pantarlih menjalani bimtek pencoklitan dan langsung ditugaskan untuk melakukan pencoklitan yang dilakukan serentak se Indonesia. 

Sementara itu, untuk di Kota Bengkulu diperkirakan jumlah TPS berkurang dari pemilu sebelumnya. Mengingat pada pemilu ini ditetapkan jumlah maksimal mata pilih per TPS dibatasi sebanyak 300 dan minimal 280 mata pilih. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: