Kota Bengkulu Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Turki dan Suriah

Kota Bengkulu Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Turki dan Suriah

Kota Bengkulu Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Turki dan Suriah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Walikota Bengkulu Helmi Hasan memberikan bantuan terhadap korban gempa di Turki dan Suriah secara inisiatif. 

Walikota merasa prihatin atas musibah gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah yang telah memakan ribuan korban baru-baru ini. 

Adapun bantuan yang disampaikan bukanlah bersumber dari APBD, melainkan dari gerakan sedekah Rp2 ribu Pemkot Bengkulu yang selama ini terus digalakkan dan memang diperuntukkan untuk membantu masyarakat tak mampu, tertimpa bencana ataupun musibah lainnya.

“Kita turut berduka atas bencana gempa bumi yang menimpa masyarakat Turki dan Suriah. Dan insya allah besok kita akan bertolak ke Turki dan Suriah, Kedutaan besarnya yang ada di Jakarta,untuk menyerahkan bantuan dari masyarakat Kota Bengkulu,” ungkap Helmi, Rabu (08/02/2023).

BACA JUGA:Penusuk Wartawan Media Online Ditangkap, Mengaku Khilaf

BACA JUGA:Dugaan Motif Penembakan, Begini Cerita Rahiman Dani

Bantuan yang diberikan Pemkot Bengkulu berjumlah Rp 100 juta dengan rincian Rp50 juta untuk korban di Turki dan Rp50 juta untuk di Suriah. 

"Sebagai bagian dari masyarakat dunia, ini menjadi sesuatu yang wajar dan seharusnya bila Kota Bengkulu ikut bagian untuk saling membantu,” tambahnya. 

Diketahui, gempa yang terjadi di dekat kota Gaziantep, disusul oleh banyak gempa susulan yang salah satunya berkekuatan hampir sama besar dengan gempa pertama.

Gempa yang mengguncang Turki ini tergolong besar, berdasarkan magnitudonya sebesar 7,8. Gempa ini mengguncang hingga 100 kilometer dari garis patahan, menyebabkan kerusakan serius pada bangunan-bangunan di sekitar patahan.

Lebih dari 4.000 orang tewas dan ribuan lainnya terluka akibat gempa mematikan yang melanda wilayah tenggara Turki, yang dekat dengan perbatasan Suriah, pada Senin (06/02) lalu.(Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: