Lebih 100 Warga Bengkulu Terjangkit HIV/AIDS, Ada Ibu dan Anak

Lebih 100 Warga Bengkulu Terjangkit HIV/AIDS, Ada Ibu dan Anak

Finalis Duta HIV AIDS Provinsi Bengkulu usai mengikuti Class Beauty and Handsome-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lebih dari 100 orang warga Provinsi Bengkulu yang terjangkit penyakit HIV/AIDS. Berdasarkan data sementara khusus di Kota Bengkulu dan Kabupaten Kaur saja sudah sekitar 150 warga yang terjangkit.

Khusus Kabupaten Kaur di tahun 2023 terdapat dua warga Kaur terdeteksi terjangkit HIV/AIDS.

Keduanya yakni ibu dan anak warga di Kecamatan Tanjung kemuning.

Bayi yang terserang HIV berjenis kelamin laki-laki itu baru berumur 8 bulan. Diduga sang bayi tertular dari ibu kandungnya sendiri. 

Namun, demikian keduanya saat ini sedang menjalani pengobatan di salah satu Puskesmas Kota Bengkulu.

"Untuk data di Dinkes ada dua penderita, ibunya menderita HIV sejak 2020 kasus lama sempat berobat, namun sang anak ikut tertular saat ibunya hamil," kata Kepala Dinkes Kaur, Darmawansyah SIP MM, Kamis (19/1).

Dikatakan Darmawan, tim medis sudah melakukan pemeriksaan dengan melakukan rapid test terhadap empat keluarga itu. Hasilnya, suaminya dan anak tetua negatif, sedangkan kedua yang dinyatakan positif masih menjalani pengobatan. Sejauh ini di Kabupaten Kaur Dinkes mencatat hanya dua warga Kaur yang menderita HIV.

"Kita terus melakukan pemantauan berharap keduanya dapat secepatnya pulih dan rutin mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter,” terangnya.

Ditambahkannya, masyarakat masih sangat takut dan merasa aib untuk memberitahu ada anggota keluarga yang terserang AIDS. Pemahaman kurang, korban juga sering  dikucilkan. 

Ia berharap para penderita tidak terkesan dikucilkan lingkungannya sendiri. Seluruh warga perlu memahami betul apa, dan bagaimana HIV/AIDS.

“Kita selalu mengimbau kepada masyarakat untuk menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan terserang HIV/AIDS dan tetap jaga kesehatan,” imbaunya. 

150 Warga Kota Bengkulu Terjangkit

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mencatat, sejak Januari 2022 lalu hingga Januari 2023 ada ratusan warga yang terjangkit virus HIV/AIDS.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) Dinkes Kota Bengkulu, Nelli Hartati mengatakan, dari total 9 ribu orang yang telah dilakukan screening,  ditemukan sebanyak 150 orang terinfeksi HIV/AIDS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: