Rejang Lebong Miliki Posyandu Prima, Berbagai Layanan Kesehatan Dihadirkan

Rejang Lebong Miliki Posyandu Prima, Berbagai Layanan Kesehatan Dihadirkan

Gubernur Bengkulu bersama Bupati Rejang Lebong saat melaunching Posyandu Prima di Kabupaten Rejang Lebong belum lama ini.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

CURUP, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya, salah satunya yaitu dengan menghadirkan Posyandu Prima.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Rephi Meido Satria SKM menjelaskan, Posyandu Prima  merupakan salah satu transformasi dibidang kesehatan yang dilakukan oleh Pemkab.

"Dengan dijadikan Posyandu Prima, maka layanan yang dilakukan di Posyandu menjadi meningkat," terang Rephi.

Diungkapkan Rephi, bila selama ini pelayanan yang diberikan di Posyandu hanya sebatas pemeriksaan biasa atau hanya menimbang bayi saja.

BACA JUGA:Hadir di Pemilihan Duta HIV AIDS Provinsi Bengkulu, Wardah Beauty Bagikan Doorprize

Maka menurutnya, dengan menjadi Posyandu Prima beberapa layanan akan disediakan, sehingga posyandu prima ini mirip dengan Puskesmas mini.

Beberapa layanan kesehatan yang akan disediakan di Posyandu prima ini antara lain persalinan, pengobatan, pemeriksaan penyakit tidak menular, kelas ibu hamil hingga vaksinasi.

"Jadi di Posyandu Prima ini tidak hanya sekedar nimbang-nimbang saja, namun juga ada berbagai layanan kesehatannya," katanya.

Kabupaten Rejang Lebong baru memiliki satu posyandu prima yaitu di Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang.

Peresmian posyandu prima ini dilaunching langsung oleh Gubernur Bengkulu DR drh Rohidin Mersya MMA saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Rejang Lebong belum lama ini.

"Bahkan launching posyandu prima kita kemarin, bersamaan dengan launching posyandu prima di Provinsi Bengkulu, sehingga ini merupakan posyandu prima yang pertama di Bengkulu" aku Rephi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hadirnya posyandu prima di Kabupaten Rejang Lebong tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkab Rejang Lebong untuk mencekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Hadirnya Posyandu prima ini tidak menghilangnya fungsi posyandu yang selama ini ada di masyarakat, namun justru semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan Posyandu itu sendiri.

"Kedepannya kita akan terus berusaha menambah Posyandu prima di Kabupaten Rejang Lebong, sehingga layanan kesehatan akan lebih mudah diakses masyarakat kita," demikian Rephi.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: