BLT Dana Desa 2023 Rp 300 Ribu Cair Januari, Penerima Juga Bisa Dapat Bansos Lainnya

BLT Dana Desa 2023 Rp 300 Ribu Cair Januari, Penerima Juga Bisa Dapat Bansos Lainnya

Petugas sedang melakukan pendataan kepada KPM yang datang untuk mengantri mengambil BLT BBM di KCU PT POS indonesi Tanah Patah Bengkulu -(foto: dokumentasi/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Program BLT Dana Desa 2023 sebesar Rp 300 ribu setiap bulan akan dilanjutkan oleh pemerintah. Sebab itu, perlu diperhatikan ada aturan baru mendapatkan bansos tambahan untuk keluarga miskin ekstrem.

BLT Dana Desa 2023 ini sudah bisa dicairkan bulan Januari 2023 ini. Namun ada aturan baru yang memang harus diperhatikan oleh penerima BLT Dana Desa Ekstrem ini.

Menariknya, jika di tahun 2022 para penerima BLT Dana Desa hanya bisa mendapatkan satu bantuan saja dari pemerintah yakni BLT Dana Desa. Maka tahun 2023 ini penerima BLT Dana Desa masih bisa dapat bansos lainnya seperti Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Sosial Tunai dan sebagainya.

Para penerima diperbolehkan mendapatkan bansos lainnya dari pemerintah, kecuali PKH.

BACA JUGA:Bansos Anak Yatim Sebesar Rp 600 Ribu, PT Pos Indonesia Jadi Penyalurnya

BACA JUGA:Bansos PKH 2023, Cek Nama-nama Penerima yang Dicoret, ini Linknya

Saat ini landasan penyaluran BLT Dana Desa 2023 tidak lagi untuk pandemi Covid-19 melainkan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Selan itu, bantuan hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrem.

Maka, sebelum melakukan penetapan dan penyaluran BLT Dana Desa 2023, perangkat desa harus melakukan pendataan dan survei langsung ke rumah penerima.

Jika dalam satu desa tidak terdapat keluarga miskin ekstrem, maka perangkat desa bisa melihat daftar keluarga miskin ekstrem di desa 1-4 sekitarnya.

BACA JUGA:Cuma Modal KTP, Peserta KIS Bisa Dapat Dana Bansos Rp 3 Juta, Begini Cara Ceknya

BACA JUGA:Pencairan Bansos PKH 2023 Mulai Bulan ini, Cek Siapa Penerimanya di sini

Apabila tidak ada juga, barulah penetapan penerima BLT Dana Desa 2023 menyasar keluarga yang kehilangan mata pencaharian, keluarga yang memiliki anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis, memiliki anggota rumah tangga tunggal lansia ataupun difabel.

Pencairan BLT Dana Desa 2023 setiap bulan dari bulan Januari hingga Desember sebesar Rp 300 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: