Buka Festival UMKM di Berendo, Dedy Wahyudi: Jangan Cuma Serimonial

Buka Festival UMKM di Berendo, Dedy Wahyudi: Jangan Cuma Serimonial

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi saat meninjau para pelaku UMKM di Taman Berendo, Jumat (14/07)-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi membuka festival UMKM di taman Berendo, Jumat (15/07). Festival tersebut merupakan kegiatan yang dibuat Dinas Koperasi dan UMKM untuk memberdayakan UMKM di Kota Bengkulu.

Dengan tajuk Festival UMKM Bencoolen Food dan Fashion, Pemkot berharap event-event yang diadakan bisa mendorong UMKM naik kelas dan mengoptimalisasi pertumbuhan ekonomi di Kota Bengkulu.

Namun Dedy berharap berbagai kegiatan Diskop dan UMKM bukan hanya ceremonial semata, melainkan benar-benar bermanfaat untuk para pelaku UMKM. Diskop juga harus memberikan pembekalan kepada para pelaku UMKM agar ke depannya dapat menjajakan jajanannya sesuai dengan selera pasar.

“Kita minta ini bukan seremonial semata. Diskop sebagai leading sektor kita minta betul-betul memberikan pembinaan pada pelaku UMKM, semacam edukasi pemasaran produk. Bagaimana kita mampu bersaing denga produk lainnya, karena produk kita rasanya sama, bahkan lebih enak, tetapi ada kelemahannya yakni packaging atau kemasan. Kadang kemasan sudah bagus tapi kelemahannya dipromosi," ungkap Dedy Jumat (15/7). 

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Nurlia Dewi mengungkapkan, pihaknya saat ini fokus melakukan peningkatan dan pemberdayaan UMKM di Kota Bengkulu naik kelas. Dalam event ini bukan hanya menampilkan makanan saja, namun juga ada berbagai macam perlombaan yang digelar agar masyarakat tidak bosan.

“Kami sekarang lebih ke peningkatan pemberdayaan UMKM naik kelas. Jadi, naik kelas ini tadi yang kita tampilkan ialah beberapa UMKM binaan Dinas Koperasi sendiri. Dengan harapan nanti mereka mulai dari kualitas dan rasa, misal kalau memang masih kurang menarik mungkin lebih kita bikin menarik dan enak lagi, kemasannya juga, terus permodalannya juga dibantu," jelas Lia.

Selain itu, ada 12 instansi DPMPTSP juga membuka stand pada even yang digelar di alun-alun berendo tersebut. Dengan tujuan masyarakat juga bisa berkonsultasi terkait masalah yang mereka hadapi terkait perizinan, serta ada juga stand pegadaian yang siap menyediakan modal bagi pelaku usaha mikro. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: