Tentrem Sriminarsih

Tentrem  Sriminarsih

 

Ia juga bukan dari golongan orang mampu,  ia sempat  terkendala dengan modal, sehingga ia  berusaha untuk mencari modal dengan pinjam sana dan sini,  kemudian ia mengajukan modal ke  PT Pos  Indonesia   dalam program  bina  UKM, dari  sinilah kemudian dirinya mampu mengembangkan  UKM. Sempat menjadi binaan   PT Jamsostek (persero), dan  saat ini   UKMnya  bergabung ke Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai binaannya.

 

Diakui nenek dua cucu itu,  dalam proses produksi Kulit lantung banyak kendala,  saat ini kian sulitnya  bahan baku  kulit lantung, ia meminta bantuan kepada pemerintah  terutama Dinas Kehutanan untuk penghijauan  kayu lantung, karena mudah ditanam dan butuh waktu singkat, selain itu memiliki nilai ekonomis.

 

Tak hanya itu,  kulit kayu lantung yang saat ini sudah dikenal  hingga  mendunia bisa menjadi icon dan menggantikan bunga rafflesia, Kulit kayu lantung bisa ditanam disepanjang  trotoar  sehingga turis yang datang bisa  mengetahui langsung batang dan  kulit lantung. \" ubah asa slogan Bengkulu sebagai kota Rafflesias, dengan  Bengkulu kota lantung\" cetusnya.

 

Untuk  mendapatkan kulit lantung, ia dipasok langsung dari para petani di Desa Kinal, Bengkulu Selatan.untuk itu Istri Agus Setyanto ini berkeinginan memiliki kebun lantung sendiri, sehingga pasokan lantung tidak terputus. \" Karena produknya    bernilai ekspor, sekarang ini sekitar 95% pelanggan  berasal dari pasar internasional, pelanggannya  berasal dari Jepang, Korea, Italia, Timur Tengah, \" katanya.

 

Keaktifannya dalam mengikuti berbagai macam even pameran, baik pameran di tingkat lokal, nasional, maupun pameran di luar negeri, ternyata memberikan dampak yang cukup positif bagi perkembangan usaha kerajinan itu,  untuk menjalankan bisnis ini.

 

Ia telah merekrut sembilan tenaga kerja,  yang dibagi sebagai  tenaga  jahit, tenaga pola dan potong, mereka ini diasah agar  motif yang dihasilkan tidak monoton.  \" Kita selalu tampilkan produk yang terbaru, bidikan saya,   kulit lantung bisa masuk dalam  unisco award atau  masuk dalam pameran produk terbaik dan  lantung jadi souvenir adikarya, \"  harapnya.

 

Sri berharap agar bisnisnya bisa lebih maju dan orderan yang Ia terima bisa meningkat lebih pesat lagi. Kreativitas UKM lokal asal Bengkulu  tak hanya digemari  tingkat nasional namun digemari pelanggan mancanegara hingga mendunia, dan  ini bisa memberikan manfaat bagi para pengrajin lantung di Bengkulu dan memacu semangat petani lantung, sesuai dengan motto yang dipegangya, kreatifitas dan inovasi merupakan kunci sukses usaha.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: