KPID dan Pemkot Bengkulu Distribusikan Radio untuk Dukung Radio Akademi

KPID dan Pemkot Bengkulu Distribusikan Radio untuk Dukung Radio Akademi

Komisi Penyiaran Informasi (KPI) pusat dan KPID Bengkulu bekerjasama dengan pemerintah daerah sedang melakukan program kegiatan Radio Akademi. -(Ist)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Bengkulu bekerja sama dengan Pemkot Bengkulu melalui Dinas Kominfo melaksanakan program Radio Akademi, salah satunya dengan membagikan radio kepada masyarakat di kawasan pasar. Program ini bertujuan untuk mengajak kembali masyarakat menikmati siaran radio.

Sebagai bentuk dukungan, Dinas Kominfo Kota Bengkulu memberikan lima unit radio. Radio tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu, Gitagama, kepada Wakil Ketua KPID Bengkulu, Fonika Thoyib, di ruang kerja Kadis Kominfo pada Kamis, 17 Oktober 2024.

"Dalam program ini, KPID berkolaborasi dengan pemkot melalui Dinas Kominfo untuk menggalakkan kembali gerakan mendengarkan radio. Meskipun saat ini masyarakat lebih condong pada platform media digital, kita tetap mendukung program KPID untuk mempopulerkan kembali radio," ujar Gitagama.

BACA JUGA:Bengkulu Ekspress Latih Mahasiswa UNIHAZ dalam Pelatihan Jurnalistik Dasar

BACA JUGA:Kapolda Bengkulu Luncurkan Program Polda Bengkulu Peduli, Dua Sekolah di Kota Bengkulu Terima Manfaat

Gita menambahkan bahwa meski media konvensional seperti radio semakin terpinggirkan, pihaknya berharap radio dapat bertransformasi ke era digital, seperti yang dilakukan oleh RRI yang menghadirkan siaran dalam format digital.

"Radio sebagai alat pemersatu bangsa memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI dan menyosialisasikan berbagai hal terkait kehidupan berbangsa. Oleh karena itu, kami mendukung penuh program ini," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPID Bengkulu, Fonika Thoyib, menjelaskan bahwa Radio Akademi adalah program pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM radio di Bengkulu, agar mereka bisa terus berinovasi dalam dunia penyiaran.

"Salah satu rangkaian Radio Akademi adalah pembagian radio kepada masyarakat di pasar. Dengan dukungan dari Dinas Kominfo Kota Bengkulu, jumlah radio yang kami bagikan bertambah menjadi 50 unit," kata Fonika.

BACA JUGA:BRIN dan Pemkot Bengkulu Kolaborasi untuk Peningkatan Produk Unggulan

BACA JUGA:DPMPTSP Bengkulu Optimis Kejar Target Investasi Rp3,5 Triliun

Radio-radio tersebut rencananya akan dibagikan kepada masyarakat di pasar, seperti tukang pangkas rambut, penjahit, dan warga lainnya, dengan harapan meningkatkan kembali minat masyarakat untuk mendengarkan siaran radio. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: