Dapat Mengakibatkan Penyakit Serius, Waspadai Efek Samping Penggunaan Hydroquinone Pada Produk Skincare

Dapat Mengakibatkan Penyakit Serius, Waspadai Efek Samping Penggunaan Hydroquinone Pada Produk Skincare

Efek samping penggunaan hydroquinone pada kulit-Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini tengah ramai-ramainya di media sosial penggunaan bahan skincare berbahaya dari brand dan owner terkenal. 

Salah satu bahan berbahaya ini adalah hydroquinone. hydroquinone adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit, terutama untuk mencerahkan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi, seperti bintik hitam, melasma, atau noda bekas jerawat. 

hydroquinone bekerja dengan cara menghambat enzim tirosinase, yang berperan dalam produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Karena kemampuannya dalam mengurangi produksi melanin, hydroquinone efektif digunakan untuk perawatan kondisi kulit yang melibatkan pigmentasi berlebihan.

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

BACA JUGA:Organ Reproduksi Wanita Ternyata Bukan Hanya Vagina dan Rahim

hydroquinone umumnya tersedia dalam bentuk krim atau gel, dan digunakan dalam konsentrasi antara 2% hingga 4%.

Produk dengan konsentrasi lebih tinggi biasanya hanya diresepkan oleh dokter, sementara yang berkadar rendah dapat ditemukan dalam produk over-the-counter.

Efek Samping Hydroquinon

Meskipun hydroquinone efektif untuk mencerahkan kulit, penggunaannya dapat menyebabkan beberapa efek samping, terutama jika digunakan secara tidak tepat atau dalam jangka panjang. Berikut efek samping penggunaan hydroquinone yang sering digunakan pada skincare. 

  • Iritasi Kulit

hydroquinone dapat menyebabkan iritasi lokal, terutama pada orang dengan kulit sensitif. Tanda-tanda iritasi termasuk kemerahan, perih, gatal, pengelupasan, atau kulit menjadi kering. Pada beberapa kasus, area yang diobati mungkin juga terasa terbakar atau menyengat.

  • Kulit Kering dan Bersisik

Penggunaan hydroquinone dapat mengakibatkan kulit menjadi sangat kering dan bersisik. Ini biasanya terjadi jika produk digunakan dalam konsentrasi tinggi atau terlalu sering tanpa pelembap yang cukup.

BACA JUGA:Organ Reproduksi Wanita Ternyata Bukan Hanya Vagina dan Rahim

BACA JUGA:Begini 5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Pasangan Agar Hubungan Kembali Harmonis

  • Reaksi Alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: