Manfaat Jus Anggur dan Cara Sehat Mengonsumsinya

Manfaat Jus Anggur dan Cara Sehat Mengonsumsinya

Buah anggur banyak disukai karena rasanya yang lezat, renyah, dan mudah dimakan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jus anggur mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Oleh karena itu, jus ini cocok dikonsumsi sebagai minuman sehat atau bahkan snack harian. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, jus anggur perlu diolah dan dikonsumsi dengan cara yang sehat, ya.

Buah anggur banyak disukai karena rasanya yang lezat, renyah, dan mudah dimakan. Terdapat beberapa jenis dan warna anggur, yaitu anggur hitam, merah, dan hijau. Meski ada sedikit perbedaan pada kandungan nutrisinya, jenis anggur apa pun yang dijadikan jus anggur sama-sama memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan.

BACA JUGA:Kantor Camat Ratu Agung Dibangun Ulang Tahun Ini, Gunakan DAU Rp 2 M

Nutrisi dalam Jus Anggur
Jika kamu menggunakan 100 gram anggur sebagai bahan untuk membuat jus, berikut adalah jumlah nutrisi yang bisa diperoleh:

78 gram air
0,9 gram lemak
20 gram karbohidrat
229 miligram kalium
25 miligram fosfor
10 miligram kalsium
8,6 miligram magnesium
3,3 miligram vitamin C

Jumlah air yang diperoleh tentu menjadi lebih banyak jika kamu menambahkan air dan es dalam pembuatan jus. Anggur juga mengandung gula alami sebanyak 17 gram. Jadi, sebaiknya jangan menambahkan pemanis lain, seperti gula pasir, sirup, kental manis, ya.

BACA JUGA:Oknum Penipu Atas Namakan FIFGROUP Cabang Bengkulu Divonis 2 Tahun 6 Bulan Penjara

Berbagai Manfaat Jus Anggur
Berkat kandungan gizi dan antioksidannya yang melimpah, Jus Anggur bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat Jus Anggur yang bisa kamu dapatkan:

1. Menjaga daya tahan tubuh
Jus Anggur mengandung vitamin C dan resveratol. Keduanya adalah antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini bisa meningkatkan daya tahan tubuhmu. Bahkan, kedua kandungan ini juga bisa mempercepat penyembuhan luka, lho.

2. Membuat tubuh lebih berenergi
Sering merasa cepat lelah apalagi sampai perlu minuman berenergi? Yuk, coba minum Jus Anggur. Minuman sehat ini merupakan sumber karbohidrat dan gula alami yang dapat menambah energi dan stamina tubuh sehingga bisa membuatmu lebih fit.Berkat manfaatnya ini, Jus Anggur bisa disebut sebagai salah satu alternatif minuman berenergi yang lebih sehat, lho.

BACA JUGA:Ditresnarkoba Polda Bengkulu dan Jajaran Ungkap 257 Kasus Selama Periode Januari - Juli 2024

3. Mencegah penuaan dini
Senyawa resveratrol dalam jus anggur bisa memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan pada kulit dan rambut rontok, lho. Soalnya, selain meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan resveratrol pada jus anggur bisa melindungi kulit dan rambut dari kerusakan karena faktor usia. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi anggur memiliki daya ingat yang lebih kuat. Bahkan, resveratrol juga bisa mencegah penyakit Alzheimer yang lebih rentan terjadi pada lansia.

4. Mengontrol tekanan darah
Jus anggur bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kalium di dalamnya. Kalium merupakan mineral yang berperan penting untuk menjaga dinding pembuluh darah tetap lentur sehingga darah bisa mengalir dengan lancar. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada jus anggur juga sangat baik untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh, sehingga tekanan darah pun bisa terkontrol dan tidak mudah naik.

BACA JUGA:HUT RI Ke-79: Seluruh Kepala Daerah Diundang ke Ibu Kota Negara dan Bermalam

5. Mencegah penyakit kardiovaskuler
Tak hanya baik untuk mengontrol tekanan darah, jus anggur juga bisa mengurangi kolesterol jahat dan mencegah kerusakan pembuluh darah (aterosklerosis). Oleh karena itu, jus anggur baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.  

6. Mencegah kerusakan mata
Kandungan antioksidan pada jus anggur, seperti resveratrol dan lutein, terbukti dapat melindungi sel-sel retina mata dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV) berlebihan. Paparan sinar UV berlebihan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata, mulai dari katarak hingga degenerasi makula.

Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa retina mata orang yang rutin mengonsumsi anggur bekerja dengan lebih baik. Hal ini karena kandungan lutein dan zeaxanthin, yang juga bersifat antioksidan, berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA:Ada Peredaran Narkoba Jaringan Lapas, Begini Tanggapan Lapas Kelas II A Bengkulu

7. Menurunkan risiko diabetes
Jus anggur tinggi akan gula sehingga mungkin tampak kurang ideal untuk mencegah diabetes. Namun, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, jus anggur justru bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit ini, lho. Soalnya, antioksidan resveratrol dan antosianin dalam anggur terbukti bisa mencegah diabetes.

Selain itu, anggur juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga konsumsinya tidak cepat meningkatkan kadar gula darah.  Namun, untuk mencegah diabetes, kamu juga perlu melakukan tips lain, seperti membatasi konsumsi gula, rutin olahraga, dan menjaga berat badan tetap ideal, ya.

8. Menurunkan risiko kanker
Kanker adalah penyakit karena pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dalam tubuh. Nah, guna mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup. Jus anggur merupakan sumber antioksidan yang baik karena minuman ini kaya akan antosianin, polifenol, lutein, dan resveratrol. Kandungan ini terdapat pada jus anggur yang terbuat dari anggur merah maupun anggur hijau.

BACA JUGA:Saat Menunggu Waktu Persalinan Tiba? Yuk, Lakukan Ini!

9. Membuat tidur lebih nyenyak
Punya masalah tidur, misalnya insomnia atau tidur kurang nyenyak? Coba minum jus anggur, deh. Jus anggur mengandung banyak antioksidan dan melatonin alami, yakni zat yang bisa membuat tubuh merasa lebih cepat mengantuk dan terlelap. Oleh karena itu, kamu bisa coba minum jus anggur supaya bisa tidur lebih nyenyak dan pulas.Selain itu, agar bisa tidur dengan nyaman dan teratur setiap harinya, kamu juga perlu menerapkan sleep hygiene, ya.

Cara Sehat Mengonsumsi Jus Anggur
Karena manfaat Jus anggur adalah salah satu minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi. Namun, jus ini justru bisa meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung dan diabetes, jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Untuk bisa memperoleh manfaat Jus anggur dengan baik, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini saat hendak mengolah dan mengonsumsi jus anggur:

BACA JUGA:Ramuan Herbal Untuk Hancurkan Batu Ginjal, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus Ini

- Pilih buah anggur yang segar dan cuci bersih anggur sebelum diolah menjadi jus.
- Jika jenis anggur yang dipilih ada bijinya, sebaiknya potong buah anggur dan keluarkan bijinya terlebih dahulu.
- Jangan berikan gula tambahan atau pemanis lain karena jus anggur sudah mengandung banyak gula alami.
- Olah jus anggur dengan buah anggur beserta kulitnya. Ini karena kandungan antioksidan serta vitamin dan mineralnya banyak terdapat pada kulit anggur.
- Kamu disarankan hanya minum jus anggur atau jus lainnya sebanyak 1 gelas per hari.
- Konsumsi juga makanan sehat lainnya secara seimbang, misalnya dengan mengikuti panduan piring makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: