Hanya Diproduksi Setelah Melahirkan, Inilah 10 Manfaat Kolostrum untuk Kesehatan Bayi

Hanya Diproduksi Setelah Melahirkan, Inilah 10 Manfaat Kolostrum untuk Kesehatan Bayi

Kolostrum mengandung banyak zat antibodi yang siap melindungi tubuh dari berbagai serangan patogen (mikroorganisme jahat seperti virus, bakteri, parasit, jamur). -Pinterest -

Keunikan zat antibodi dari kolostrum jumlahnya paling banyak serta tidak dapat ditiru oleh susu formula merek apa pun. Jadi, sebisa mungkin Mama memberikan kolostrum pada si Kecil. 

Salah satu zat antibodi yang terkandung dalam kolostrum adalah Imunoglobulin A (IgA) sebanyak 5000 mg/dL. IgA bekerja dengan cara melapisi permukaan saluran cerna dan saluran pernapasan bayi. 

3. Membantu Bayi Buang Air Besar

Kolostrum dapat bertindak sebagai pencahar alami. Ini dapat membantu bayi untuk mengeluarkan mekonium atau kotoran pertamanya yang berwarna hitam. 

Penting untuk diingat, mekonium perlu segera dikeluarkan dari tubuh si kecil untuk mengurangi kadar bilirubin yang berlebih sehingga mencegah penyakit kuning pada bayi.

BACA JUGA:Agar Hidup Selalu Sehat dan Fit, dr Zaidul Akbar Bagikan Rahasianya

4. Mencegah Gula Darah Rendah

Cairan kolostrum dapat membantu mencegah gula darah rendah atau hipoglikemia pada bayi cukup bulan. Ini berkat kandungan nutrisi makro dan mikro yang ada di dalam kolostrum. 

Kondisi gula darah rendah pada bayi tentu bisa berbahaya. Jika tidak segera diatasi, ini bisa menyebabkan gangguan jantung, bahkan hingga mengancam jiwa.

5. Membantu Pembentukan Usus

Manfaat kolostrum bagi bayi adalah dapat membantu pembentukan usus yang sehat. Ketika masuk ke dalam tubuh bayi, cairan yang berasal dari payudara ini akan melapisi usus. 

Kondisi ini tentu dapat membantu mencegah terserapnya bakteri berbahaya pada usus yang bisa memicu timbulnya penyakit pada si kecil.

BACA JUGA:Agar Hidup Selalu Sehat dan Fit, dr Zaidul Akbar Bagikan Rahasianya

6. Mencegah Terjadinya Penyakit Kuning

Kolostrum bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kuning. Perlu diketahui, penyakit kuning merupakan kondisi umum karena tingginya kadar bilirubin dalam tubuh si kecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: