10 Makanan Ekstrem yang Ada Di Indonesia, Salah Satunya Terbuat dari Darah

10 Makanan Ekstrem yang Ada Di Indonesia, Salah Satunya Terbuat dari Darah

Sabeta merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari bahan ulat sagu-Pinterest -

Kuliner ekstrem berikutnya ada Sabeta yang terbuat dari bahan ulat sagu. Sabeta bisa disantap di beberapa daerah seperti di Maluku dan Papua. Jika di Maluku, Sabeta disajikan dalam olahan sate, sedangkan di Papua Sabeta sering dimakan mentah-mentah.

4. Sate Biawak (Pulau Jawa)

Reptil yang hidup di rawa-rawa ini dijadikan makanan ekstrem bagi sebagaian orang Jawa. Biasanya Biawak akan diolah menjadi sate maupun tongseng sesuai selera. Beberapa orang meyakini jika daging Biawak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan asma.

BACA JUGA:10 Tips Terbaik Membuat Bakwan Goreng di Rumah untuk Sajian Berbuka

5. Belalang Goreng (Yogyakarta)

Jika liburan ke Gunungkidul, Yogyakarta juga akan dengan mudan menemukan kuliner ekstrem belalang goreng. Belalang goreng ini dulunya dijadikan lauk untuk pengganti daging ayam yang masih mahal harganya. 

Belalang goreng yang digunakan didapat dari belalang kayu yang ukurannya lebih besar dari belalang di sawah. Cara pengolahannya juga cukup teliti, bagian organ dalam belalang dibersihkan kemudian digoreng dan ditambahkan bumbu.

6. Botok tawon (Banyuwangi)

Masih di Jawa, ada kuliner ekstrem Botok Tawon di daerah Banyuwangi. Botok Tawon terbuat dari sarang lebah atau dalam Bahasa Jawa disebut tawon. Sarang lebah yang telah dipotong menjadi ukuran kecil kemudian dibungkus dalam daun pisang dan diberi bumbu botok dengan cabai.

BACA JUGA:10 Tips Terbaik Membuat Bakwan Goreng di Rumah untuk Sajian Berbuka

7. Lawar merah (Bali)

Lawar merah adalah salah satu makanan dalam budaya Bali. lawar merupakan sayuran yang disayat tipis kemudian dicampur aneka rempah dan bumbu dapur. 

Lawar biasanya dilengkapi daging kelapa tua parut dan suwiran daging protein. Khusus lawar merah, dirisam dengan darah entah itu ayam atau babi. Lawar harus selalu ada dalam upacara keagamaan Hindu Bali.

8. Torpedo (Pulau Jawa)

Torpedo atau testis kambing ini dapat dipesan di rumah makan sate kambing daerah Jawa. Umumnya torpedo kambing akan ditaroh di piring dan ditutup daun pisang oleh penjual. Ada kepercayaan di masyarakat menyantap torpedo dapat meningkatkan libido.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: