Inilah 8 Manfaat Minyak Sereh bagi Kesehatan

Inilah 8 Manfaat Minyak Sereh bagi Kesehatan

Minyak sereh atau citronella oil dihasilkan dari ekstraksi 2 jenis sereh, yaitu Cymbopogon winterianus dan Cymbopogon nardus. -Pinterest -

BACA JUGA:Sering Dijadikan Sajian Lezat, Ini Dia 7 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

6. Menurunkan berat badan

Meski perlu diteliti lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak sereh bisa membantu menurunkan berat badan. 

Hal ini karena kandungan tertentu yang ada dalam minyak sereh mampu menekan nafsu makan. Dengan demikian, keinginan untuk makan secara berlebih akan terhindarkan.

7. Memberikan efek rileks

Seperti minyak lavender, menghirup minyak sereh juga bisa memberikan efek menenangkan. Ketika terhirup, minyak aromaterapi dari minyak sereh dapat mengaktifkan area tertentu di otak untuk melepaskan zat kimia yang memberikan rasa senang, seperti serotonin. 

BACA JUGA:Ternyata Minum Kopi Bisa Turunkan Berat Badan, dr Zaidul Akbar Jelaskan Caranya

8. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentu sangat berbahaya bagi tubuh sebab dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga agar kolesterol tetap stabil atau tidak terlalu tinggi. 

Minyak sereh memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol. Senyawa aktif yang terdapat didalamnya menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Itulah manfaat minyak sereh untuk kesehatan. Manfaat minyak sereh untuk kesehatan memang beragam, tetapi Anda harus menggunakan minyak ini secara hati-hati untuk menghindari efek sampingnya. 

Jika dioleskan ke kulit, minyak sereh harus diencerkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa atau carrier oil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: