Inilah 8 Manfaat Minyak Sereh bagi Kesehatan

Inilah 8 Manfaat Minyak Sereh bagi Kesehatan

Minyak sereh atau citronella oil dihasilkan dari ekstraksi 2 jenis sereh, yaitu Cymbopogon winterianus dan Cymbopogon nardus. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu, minyak sereh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat minyak sereh sudah dikenal sejak lama. 

Minyak esensial yang diekstrak dari tanaman sereh ini dipercaya mampu mengusir nyamuk hingga mengobati kondisi medis tertentu, seperti sariawan.

Minyak sereh atau citronella oil dihasilkan dari ekstraksi 2 jenis sereh, yaitu Cymbopogon winterianus dan Cymbopogon nardus. 

Minyak ini memiliki aroma segar yang wanginya mirip dengan jeruk dan bunga. Dengan aroma yang menyegarkan, minyak ini kerap dijadikan sebagai minyak aromaterapi. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Mengkudu yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

Manfaat minyak sereh bagi kesehatan pun sangat beragam, yang paling terkenal adalah mengusir serangga, termasuk nyamuk yang ada di rumah.

Manfaat minyak sereh sangat beragam, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Perawatan Rambut

Selain bermanfaat untuk perawatan kulit, minyak ini juga bermanfaat untuk bagi kesehatan rambut. Sifat antimikrobanya dapat mengurangi ketombe. 

Minyak ini juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Karena kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan rambut, minyak ini juga bermanfaat untuk mencegah kebotakan atau penipisan rambut.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Mengkudu yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

Mencampurkan minyak sereh pada shampoo dan kondisioner juga bisa membuat rambut menjadi berkilau.

2. Mengusir serangga

Minyak sereh dapat digunakan untuk mengusir serangga yang ada di rumah, termasuk nyamuk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat nyamuk yang mengandung sereh terbukti memiliki efektivitas yang sama dengan DEET (diethyltoluamide) dalam mengusir nyamuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: