7 Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak pada Gigi

7 Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak pada Gigi

Plak gigi merupakan salah satu yang menyebabkan gigi terlihat kuning, sehingga senyum pun menjadi tidak indah dilihat.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Plak gigi merupakan salah satu yang menyebabkan gigi terlihat kuning, sehingga senyum pun menjadi tidak indah dilihat. 

Keberadaan plak gigi di dalam mulut sering kali diabaikan karena tumpukan lapisan tipis ini jarang disertai dengan rasa sakit.

Alhasil, Anda mungkin baru mengetahuinya saat kondisi ini sudah berkembang menjadi karang gigi. Jika sudah terbentuk karang gigi, Anda tidak akan bisa menghilangkannya dengan sikat gigi saja.

Untuk mencegah dan menghilangkan plak pada gigi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

BACA JUGA:Ternyata Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

1. Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi bukanlah hal yang umum lagi untuk mencegaj dan menghilangkan plak pada gigi. Cara menghilangkan plak pada gigi paling efektif adalah dengan menyikat gigi 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. 

Menyikat gigi secara rutin dapat mengangkat sisa makanan, mencegah pembentukan plak, dan menghancurkan plak yang mulai terbentuk.

2. Menggunakan pasta gigi mengandung fluoride

Jika ingin mencegah dan menghilangkan plak pada gigi, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung floride. 

Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membuat permukaan gigi lebih keras, sehingga memberikan perlindungan lebih pada gigi dari terbentuknya plak dan risiko terjadinya gigi berlubang.

BACA JUGA:Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

3. Berkumur dengan obat kumur

Selain sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi mengandung floride, Anda juga bisa berkumur  dengan obat kumur. Obat kumur mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri di antara gigi dan lidah dan dapat menjadi cara menghilangkan plak pada gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: