Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

Rasa lapar sebenarnya merupakan kondisi yang menandakan bahwa tubuh sedang membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Biasanya rasa lapar akan menyerang setiap 3 – 4 jam setelah Anda makan. Rasa lapar yang muncul tidak selalu menunjukkan bahwa Anda butuh makan, tetapi bisa juga disebabkan hal lain.

Oleh karena itu, ada beberapa penyebab mengapa perut terasa lapar meskipun sudah makan yang perlu Anda ketahui. Apa saja penyebabnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 

Rasa lapar sebenarnya merupakan kondisi yang menandakan bahwa tubuh sedang membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi. 

Namun, rasa lapar yang muncul terus-menerus, terutama jika sudah mengonsumsi makanan yang cukup, bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis atau penyakit tertentu. 

BACA JUGA:Cara Mencegah Lapar di Malam Hari, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

Berikut beberapa penyebab cepat lapar lainnya dijelaskan di bawah ini.

1. Dehidrasi

Rasa lapar bisa disebakan karena dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan timbulnya rasa haus. 

Nah, sering kali rasa haus disalahartikan sebagai rasa lapar atau lapar palsu. Hal ini disebabkan sensasi haus yang dirasakan tidak begitu intens sehingga otak mengira ini adalah sensasi lapar.

Selain haus, saat dehidrasi, biasanya Anda juga merasa pusing, kulit kering, dan detak jantung meningkat.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Cara Mengatasi Sensasi Pahit di Lidah Saat Asam Lambung Muncul

2. Kurang tidur

Selain itu kurang tidur bisa menjadi penyebab kita sering merasa cepat lapar. Hal ini dikarenakan lonjakan kadar ghrelin, yaitu hormon yang merangsang nafsu makan

Tak hanya itu, hal ini juga menurunkan kadar leptin atau hormon yang menimbulkan rasa kenyang. Kurang tidur membuat keseimbangan kadar hormon leptin dan ghrelin terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: