7 Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak pada Gigi

7 Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak pada Gigi

Plak gigi merupakan salah satu yang menyebabkan gigi terlihat kuning, sehingga senyum pun menjadi tidak indah dilihat.-Pinterest -

Pilihlah obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chloride, fluoride, atau peroxide untuk mencegah plak dan gigi berlubang.

4. Mengganti sikat gigi secara rutin

Ganti sikat gigi setiap 3–4 bulan atau ketika bulu sikat mulai terlihat rusak dan tidak lagi efektif sebagai cara menghilangkan plak pada gigi. 

Selain itu, pilihlah sikat gigi berbulu lembut, terutama bagi Anda yang memiliki gigi sensitif.

BACA JUGA:Dipercaya Sebagai Obat Tradisional di Asia, Kenali Manfaat Lobak yang Sayang untuk Dilewatkan

5. Menggunakan benang gigi

Untuk membersihkan sela-sela gigi, gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari sebelum tidur malam. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal dan tidak terjangkau dengan sikat gigi.

6. Melakukan oil pulling

Oil pulling atau berkumur dengan minyak juga merupakan cara menghilangkan plak pada gigi yang efektif. Untuk melakukan oil pulling, berkumurlah dengan 1 sendok makan minyak selama 15–20 menit, lalu buang minyak dari dalam mulut. Setelah itu, sikatlah gigi Anda.

7. Perhatikan asupan 

Anda pun perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, seperti permen, es krim, cokelat, atau minuman bersoda. 

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Jantung, Ketahui Beragam Manfaat Brokoli yang Sayang Dilewatkan

Jangan lupa untuk segera menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan manis agar bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi tidak berkembang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan plak gigi. Selain cara menghilangkan plak pada gigi di atas, Anda juga dapat menghilangkan plak dengan perawatan scaling. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: