Olahraga Malam Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Olahraga Malam Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Olahraga di malam hari secara tidak langsung bisa mendukung upaya penurunan berat badan kamu. --

Menurut studi pada Februari 2022 di ‌JAMA Internal Medicine‌, tidur siang yang nyenyak dapat membantu mengurangi keseluruhan asupan kalori keesokan harinya yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Di sisi lain, menurut Sleep Foundation, kurang tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh (yang dapat mengganggu pembakaran lemak di malam hari dan siang hari), merangsang nafsu makan (terutama makanan berkalori tinggi dan berkarbohidrat tinggi), dan dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas.

BACA JUGA:35 DPRD Pemenang Pileg di Kota Bengkulu Dilantik 21 Agustus 2024

3. Mengurangi stres
Berolahraga di pagi hari memberi dorongan energi sebelum menjalani hari yang sibuk. Namun, berolahraga setelah bekerja (malam hari) memungkinkan kamu untuk melepaskan diri dari stres hari itu untuk sementara waktu. Hormon endorfin yang dipicu oleh aktivitas olahraga yang kamu lakukan berdampak positif pada suasana hati.

Cara mengatur pola makan untuk diet
Apakah olahraga malam bisa menurunkan berat badan? Jawabannya, iya. Lalu, bagaimana cara mengatur pola makan untuk diet untuk dikombinasikan dengan olahraga agar efektif menurunkan berat badan? Kamu bisa melakukan tips berikut ini:

BACA JUGA:Laporan Pungli di PPDB di Kota Bengkulu Nihil

  •     Konsumsi karbohidrat berserat tinggi seperti pasta gandum utuh, nasi merah, atau kentang yang masih berkulit. Makanan ini mengandung lebih banyak serat daripada karbohidrat putih atau karbohidrat olahan dan dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.
  •     Jangan lupa konsumsi buah dan sayur setidaknya 5 porsi variasi buah dan sayur setiap hari. Kamu bisa mengolah buah yang akan kamu konsumsi dengan cara dijus atau membuat salad dengan memasukkan banyak sayur.
  •     Ikan juga penting untuk menurunkan berat badan dan juga mencegah penyakit jantung. Makanan ini merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral.
  •     Hindari lemak jenuh yang sering ditemukan pada kue, biskuit, mentega, dan sosi. Pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak sayur dan olesan, ikan berminyak, dan alpukat.
  •     Batasi konsumsi gula. Makanan dan minuman manis sering kali mengandung energi tinggi dan jika dikonsumsi terlalu sering dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
  •     Pastikan kamu mendapatkan asupan kalori yang seimbang, tidak lebih dan juga tidak kurang. Untuk orang dewasa, asupan kalori harian yang harus dipenuhi yaitu sekitar 2.150–2.650 kalori.
  •     Jangan lewatkan waktu makan, terutama sarapan. Sarapan dapat membantu kamu mendapatkan energi untuk menjalani aktivitas di pagi dan siang hari.

BACA JUGA:H-2 Puncak Pelaksanaan Tabut, Volume Sampah Meningkat

Itulah penjelasan lengkap tentang apakah olahraga malam bisa menurunkan berat badan dan cara mengatur pola makan untuk diet. Namun sebelum melaksanakan program diet, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, terutama jika kamu memiliki penyakit tertentu. Semoga bermanfaat.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: