Mana Lebih Baik? Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga

Mana Lebih Baik? Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga

Manfaat makan setelah olahraga lainnya adalah dapat mengatasi nyeri otot dan keluhan lainnya setelah berolahraga.--

Mencegah rasa lapar

Camilan yang dimakan sebelum berolahraga mungkin tidak akan memberi energi tambahan jika olahraga berlangsung kurang dari 60 menit, tetapi makanan tersebut dapat mencegah rasa lapar yang mengganggu selama berolahraga. Studi menunjukkan bahwa makan atau minum karbohidrat sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja latihan sehingga kamu bisa berolahraga untuk waktu yang lebih lama atau dengan intensitas yang lebih tinggi. Jika tidak makan, kamu mungkin bisa merasa lesu atau pusing saat berolahraga.

Manfaat makan sesudah olahraga

Setelah olahraga, tubuh akan kehilangan banyak energi. Makan sesudah olahraga dapat mengatasi hal ini. Berikut ini adalah manfaat makan sesudah olahraga.

Memulihkan energi

Makan sesudah olahraga dapat memulihkan pasokan energi. Setelah olahraga, kamu akan merasa lelah atau bahkan lapar. Makan setelah olahraga dapat membuat tubuh menjadi pulih.

Atasi nyeri otot, sesak, dan kram

Manfaat makan setelah olahraga lainnya adalah dapat mengatasi nyeri otot dan keluhan lainnya setelah berolahraga. Nah, untuk itu, segera mengisi energi tubuh dapat membantu kamu menangkal nyeri otot, sesak, dan kram.

BACA JUGA:3 Golongan Manusia yang Merugi, Pada Hari Kiamat Tak Diajak Allah Bicara, Sudah Banyak Terjadi Saat Ini

Bahaya belum makan saat olahraga

Melakukan olahraga saat perut kosong ternyata bisa memberikan beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuh, yaitu:

- Risiko terjadinya hipoglikemia meningkat. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu mengalami mual, pusing, gemetar, hingga pingsan.
- Jika kamu belum makan saat olahraga, kamu akan merasa lesu atau pusing.
- Jika kamu belum makan sehingga tidak cukup energi saat olahraga, hal ini bisa menurunkan stamina kamu. Sehingga, kamu akan cepat merasa lelah dan tidak kuat untuk berolahraga lama.
- Ada penelitian yang menyatakan bahwa melakukan olahraga ketika perut kosong bisa meningkatkan nafsu makan. Jika kamu makan lebih banyak dari yang biasanya, ini bisa menaikkan asupan kalori di tubuh kamu.

Tips makanan sehat setelah olahraga

Makan setelah olahraga yang baik bagi tubuh adalah makan makanan yang kaya akan nutrisi. Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga:
- Almond
- Susu cokelat
- Yoghurt
- Pretzel
- Apel
- Selai kacang
- Minuman olahraga

BACA JUGA:Amalkan Ini Setelah Bangun Tidur, Syekh Ali Jaber: Hajat Anda akan Dikabulkan Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: