Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kekurangan Hemoglobin

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kekurangan Hemoglobin

Seseorang dikatakan mengalami kekurangan hemoglobin apabila kadar hemoglobinnya lebih rendah dari batas normal--

4. Terapi sel punca (stem cell therapy)
Terapi ini adalah salah satu pilihan terapi untuk mengobati penyakit hemoglobin, seperti thalasemia. Penderita thalasemia harus rutin mendapatkan transfusi darah agar kebutuhan akan Hb tercukupi. Terapi sel punca dilakukan dengan cara operasi cangkok atau transplantasi sumsum tulang untuk menunjang produksi Hb yang normal. Namun, prosedur ini memiliki kekurangan, yaitu risiko komplikasi fatal dan biaya operasi yang mahal. Oleh karena itu, perlu pemeriksaan dan pertimbangan medis yang baik sebelum menjalani prosedur ini.

Kondisi kekurangan hemoglobin tentu bukanlah hal yang bisa diabaikan. Maka dari itu, penting untuk mengenali kadar Hb normal beserta penyebab dan cara mengatasi kadar Hb yang menurun. Untuk mengetahui kadar Hb di dalam darah, Anda bisa melakukan tes hemoglobin di rumah sakit, klinik, atau puskesmas.

Apabila Anda mengalami gejala kekurangan hemoglobin (anemia) atau memiliki gangguan kesehatan yang berisiko menyebabkan kekurangan hemoglobin, segeralah ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan yang memadai.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: