Sering Diolah Sebagai Sajian Lezat, Inilah 8 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan

Sering Diolah Sebagai Sajian Lezat, Inilah 8 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan

Keong sawah atau yang sering dikenal dengan sebutan tutut adalah jenis siput air yang bisa diolah menjadi berbagai sajian makanan yang lezat dan juga enak. -Pinterest -

Sementara itu, kandungan omega 6 pada keong sawah membantu melancarkan fungsi sel-sel saraf di otak.

5. Bagus untuk pertumbuhan tulang

Selama masa pertumbuhan, anak-anak memerlukan protein dan kalsium agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Protein dan kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi.

Bila kekurangan zat gizi ini, anak-anak pun akan berisiko mengalami masalah pertumbuhan, bahkan stunting.

Salah satu cara memenuhi kebutuhan protein ini adalah dengan mengenalkan masakan keong sawah kepada anak-anak.

Terdapat sekitar 129 mg kalsium dalam setiap 100 gram sajian keong sawah. Ini berarti memenuhi setidaknya 10% kebutuhan kalsium harian.

BACA JUGA:Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mencegahnya

6. Mencegah anemia

Manfaat keong sawah selanjutnya yaitu mencegah anemia. Sebab, keong sawah merupakan sumber zat besi yang baik, mineral penting untuk membentuk sel darah merah. 

Jika kamu memiliki faktor risiko anemia, sebaiknya cegah dengan rutin mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti keong sawah contohnya. 

7. Mencegah kolesterol tinggi

Keong sawah dapat mencegah kolestrol tinggi. Meski memiliki kandungan lemak, Anda tak perlu khawatir karena lemak dalam keong sawa merupakan lemak tak jenuh. Lemak pada keong sawah adalah asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi tingkat kolesterol. 

BACA JUGA:Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Khodam

8. Mengontrol tekanan darah 

Secara tak langsung, hal ini juga akan berpengaruh pada kestabilan tekanan darah Anda. Tak hanya mencegah naiknya kadar kolesterol jahat, asam lemak tak jenuh ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan begitu, kadar gula darah Anda juga lebih terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: