Sering Diolah Sebagai Sajian Lezat, Inilah 8 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan

Sering Diolah Sebagai Sajian Lezat, Inilah 8 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan

Keong sawah atau yang sering dikenal dengan sebutan tutut adalah jenis siput air yang bisa diolah menjadi berbagai sajian makanan yang lezat dan juga enak. -Pinterest -

Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel agar bisa berfungsi dengan baik.

Kekurangan protein juga dapat menyebabkan Anda rentan terhadap penyakit. Pasalnya zat gizi inilah yang memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi.

BACA JUGA:Hanya Hitungan Hari, Inilah 8 Bahan Alami Penumbuh Berewok dengan Cepat

Selain itu, protein pada keong sawah ini bermanfaat mempercepat penyembuhan dan pemulihan Anda setelah sakit. Protein mampu merangsang regenerasi sel-sel baru. 

3. Mendukung pertumbuhan tulang

Anak-anak membutuhkan protein dan kalsium selama masa pertumbuhan, agar tubuhnya dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Jika kekurangan protein dan kalsium, maka anak berisiko tinggi mengalami stunting atau masalah pertumbuhan lainnya. 

Nah, orang tua dapat mencegah masalah pertumbuhan anak dengan memberikan makanan keong sawah pada anak-anak. Ini adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium.

BACA JUGA:Inilah 7 Mood Booster yang Ampuh untuk Mengusir Bad Mood

Sebab, dalam setiap 100 gram keong sawah, terkandung sekitar 129 mg kalsium, atau memenuhi setidaknya 10 persen kebutuhan kalsium harian. 

4. Menutrisi otak

Manfaat keong sawah berikutnya adalah memberikan nutrisi untuk memastikan otak dapat bekerja dengan baik. Anda mungkin sudah tidak asing dengan khasiat asam lemak tak jenuh untuk kesehatan otak. 

Ternyata keong sawah juga memiliki kandungan asam lemak esensial ini. Lemak yang terkandung dalam tutut merupakan asam linoleat (omega-6) dan asam linolenat (omega 3).

Asam lemak omega 3 inilah memainkan peran penting untuk otak, yakni mengurangi stres oksidatif, mengoptimalkan perkembangan otak pada anak, hingga meningkatkan daya ingat.

BACA JUGA:Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mencegahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: