Waspada Pembengkakan Pada Tubuh, Inilah 8 Gejala Anemia pada Wanita yang Harus Diketahui

Waspada Pembengkakan Pada Tubuh, Inilah 8 Gejala Anemia pada Wanita yang Harus Diketahui

Anemia merupakan kondisi yang sering dialami oleh wanita-Pinterest -

Kulit pucat adalah gejala umum yang dialami wanita jika mengalami anemia. Ketika wanita mengalami anemia dan kadar homoglobinnya menurun, pasokan oksigen untuk jaringan dan sel-sel tubuh dapat berkurang. 

Akibatnya, kulit terlihat lebih pucat karena darah di bawah kulit tidak memiliki cukup warna merah dari hemoglobin. Selain itu, aliran darah ke kulit mungkin juga berkurang, sehingga kulit tampak lebih pucat.

4. Jantung berdebar

Detak jantung akan terasa tidak teratur dan berdebar-debar karena jantung sedang bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. 

BACA JUGA:Agar Rezeki Lancar dan Kerjaan Berkah, Amalkan Doa Berikut Saat Pertama Kali Masuk Kerja

Jika tidak segera ditangani, gejala anemia ini dapat memperburuk kondisi jantung dan menyebabkan penyakit lain, seperti gagal jantung dan penyakit jantung koroner.

5. Sesak napas

Kurangnya oksigen dalam darah dapat menyebabkan sesak napas, terutama saat beraktivitas. Hal ini terjadi karena kadar hemoglobin rendah, oksigen yang diterima pada organ dan jaringan tubuh juga akan berkurang. 

Akibatnya, laju pernapasan meningkat karena tubuh mencoba untuk mendapatkan lebih banyak oksigen. Kondisi ini dapat menyebabkan sesak napas yang bisa terasa ketika sedang beraktivitas biasa.

6. Kulit dan rambut kering serta rusak

Kulit dan rambut yang kering serta rusak bisa menjadi salah satu gejala anemia pada wanita. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen sehingga kulit dan rambut akan terasa kering dan rusak.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini Dia Berbagai Ciri-Ciri HIV pada Kulit yang Wajib Diwaspadai

Selain itu, kerontokan rambut juga bisa menjadi pertanda sedang mengalami anemia karena kekurangan zat besi.

7. Kuku rapuh

Tidak hanya membuat kulit dan rambut menjadi kering hingga terjadi kerusakan, anemia dapat menyebabkan kuku rapuh dan lebih mudah retak karena kurangnya oksigen serta asupan zat besi ke jaringan dan sel-sel pada kuku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: