Dikenal Sebagai Ramuan Alami, Ketahui 8 Manfaat Minyak Rosemary untuk Rambut dan Kulit Kepala

Dikenal Sebagai Ramuan Alami, Ketahui  8 Manfaat Minyak Rosemary untuk Rambut dan Kulit Kepala

Minyak rosemary telah lama dikenal sebagai ramuan alami yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Minyak rosemary telah lama dikenal sebagai ramuan alami yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Tidak dapat dipungkiri jika tanaman rosemary (Rosmarinus officinalis) ini memiliki beragam manfaat kesehatan dan kecantikan khusunya untuk kesehatan kulit rambut dan kulit kepala. 

Rosemary merupakan tanaman herbal yang kaya akan senyawa-senyawa seperti asam rosmarinic, asam ursolat, flavonoid, dan minyak esensial, yang memberikan minyak rosemary sejumlah manfaat untuk kesehatan rambut.

Proses ekstraksi minyak ini biasanya dilakukan dengan cara destilasi uap dari daun dan bagian atas tanaman rosemary. Minyak rosemary dikenal memiliki aroma segar dan herbal yang khas.

BACA JUGA:Solusi Wajah Sehat dan Glowing Secara Alami, Inilah 6 Manfaat Daun Binahong yang Jarang Diketahui

Meski sebagian orang masih jarang menggunakan minyak rosemary untuk merawat rambut. Diperoleh dari tanaman rosemary yang kaya akan nutrisi dan senyawa aktif, minyak ini telah menjadi pilihan untuk perawatan rambut karena sejumlah manfaatnya yang luar biasa.

Dari merangsang pertumbuhan rambut hingga mengatasi masalah kulit kepala, minyak rosemary menawarkan solusi alami untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut. Berikut manfaat dari minyak rosemary yang bisa didapatkan untuk rambut.

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Rosemary mengandung asam ursolat yang dapat merangsang produksi zat-zat yang mendukung pertumbuhan rambut. Folikel rambut yang sehat dan terstimulasi cenderung menghasilkan rambut dengan laju pertumbuhan yang lebih baik. 

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Skinmed membuktikan bahwa pemakaian minyak rosemary selama 6 bulan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut secara signifikan pada pasien kebotakan.

BACA JUGA:Nasi Goreng Anti Gemuk namun Tetap Enak, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

2. Mengurangi Rambut Rontok

Kamu bisa menggunakan rosemary agar kerontokan rambut berkurang. Kandungan nutrisi dalam minyak rosemary, seperti asam rosmarinat dan asam kafeat, dapat membantu menguatkan akar rambut dan mengurangi kerontokan rambut. 

Selain itu, minyak rosemary memiliki sifat antioksidan, termasuk asam rosmarinic, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut. Ini dapat membantu mengurangi rambut rontok karena kerusakan folikel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: