Ramai Cek Khodam di TikTok, Bagaiman Hukumnya dalam Islam, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramai Cek Khodam di TikTok, Bagaiman Hukumnya dalam Islam, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan tentang jin dan hukum meminta bantuan jin seperti khodam-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Ingin Doa Seluas Langit dan Bumi Dikabulkan, Ustaz Adi Hidayat: Panjatkan Saat Gerakan Sholat Ini

Kata jin diartikan sebagai makhluk halus yang dianggap berakal. Dalam bahasa al-Qur’an, kata jin berasal dari akar kata yang terdiri dari tiga huruf: jim, nun, dan nun.

Menurut para pakar, semua kata yang terdiri dari rangkaian ketiga huruf ini mengandung makna ketersembunyian atau ketertutupan. Allah SWT berfirman yang artinya:

"Ketika malam telah menjadi gelap, dia (Ibrahim) melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata, "Inilah tuhanku,". Maka ketika bintang itu terbenam dia berkata, "Aku tidak suka kepada yang terbenam," (QS Al An’am: 76).

Jin adalah makhluk ghaib yang diciptakan dari api tanpa asap. Mereka berakal, tersembunyi, dan dapat berbentuk dalam berbagai wujud serta memiliki kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berat.

Karena tercipta dari api yang sangat panas, jin hadir dalam berbagai jenis. Salah satu jenis jin adalah khodam, yang termasuk kategori jin ifrit. Jin ifrit dikenal memiliki kekuatan dan kecerdikan.

Jin ifrit inilah yang berpotensi menjadi pembantu atau khodam bagi manusia. Ada juga ifrit yang muslim dan baik, yang bisa menjadi khodam bagi manusia-manusia muslim yang baik pula.

Ifrit yang berperilaku jahat dan kafir biasanya dimanfaatkan sebagai khodam oleh para tukang sihir dan dukun.

Berbeda halnya dengan jin qarin, yang diciptakan Allah sebagai pendamping kembar atau serupa dengan manusia selama hidupnya.

BACA JUGA:Lamaran Pekerjaan Ditolak, Rezeki Seret dan Hidup Susah, Ustaz Adi Hidayat: Amalkan Ini, Insya Allah Tuntas

BACA JUGA:Hajat Seluas Langitpun Akan Dikabulkan, Ustaz Adi Hidayat: Baca Doa Ini Setelah Itidal

Namun, tidak semua jin qarin mengajak kepada kebaikan; ada juga yang menyesatkan. Hal ini tergantung pada manusia apakah mereka terpengaruh oleh bisikan-bisikan jin tersebut.

Jin memiliki kemampuan yang tidak dimiliki manusia, sehingga mereka dapat melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh manusia berdasarkan karunia Allah.

Sama seperti manusia yang menggunakan teknologi dan kemampuan lainnya untuk mencapai tujuan, jin juga memiliki kemampuan khusus.

Namun, banyak yang salah menafsirkan bahwa jin mengetahui segala hal ghaib, padahal tidak demikian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: