Ramai Cek Khodam di TikTok, Bagaiman Hukumnya dalam Islam, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ramai Cek Khodam di TikTok, Bagaiman Hukumnya dalam Islam, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan tentang jin dan hukum meminta bantuan jin seperti khodam-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Belakangan ini, media sosial, terutama TikTok, diramaikan dengan fenomena baru yang dikenal sebagai cek khodam.

Khodam merupakan makhluk ghaib dalam kepercayaan spiritual tertentu yang diyakini hadir untuk menjaga dan membantu manusia dalam berbagai aspek kehidupan, tanpa tujuan mistis atau benda bertuah.

Dalam konteks ini, ada beberapa individu yang mengklaim memiliki khodam dan menawarkan layanan untuk mengecek atau memverifikasi keberadaan khodam seseorang.

BACA JUGA:Ngerinya Siksa Neraka, Ustaz Adi Hidayat: Paling Ringan Dicelupkan Tubuh Hancur Lebur dan Terus Diulang

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Memiliki Khodam dalam Islam? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya

Layanan ini sering kali dilakukan melalui sesi-sesi spiritual atau media sosial, di mana seseorang dapat berinteraksi dengan praktisi spiritual untuk mengetahui atau mengonfirmasi keberadaan khodam mereka.

Fenomena cek khodam yang viral ini juga menimbulkan pertanyaan tentang keaslian dan legitimasi praktik spiritual di era digital.

Banyaknya informasi dan klaim di media sosial mengharuskan individu untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan memahami sumber informasi spiritual yang mereka ikuti.

Khodam merupakan salah satu entitas gaib yang diyakini dalam budaya lokal di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Banyak yang percaya bahwa khodam adalah penjaga yang datang dari dunia gaib untuk membantu manusia, bukan untuk benda bertuah.

Ada dua jenis khodam, yaitu khodam jin dan khodam malaikat. Dalam praktiknya, khodam jin sering digunakan untuk meminta bantuan.

Jin memiliki kedudukan yang setara dengan manusia, yaitu sama-sama memiliki kewajiban untuk mengabdi dan menyembah kepada Allah.

Hal ini dinyatakan dalam al-Qur’an, Surat Az-Zariyat ayat 56, yang berbunyi:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِ نْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: