Bagaimana Hukum Memiliki Khodam dalam Islam? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya

Bagaimana Hukum Memiliki Khodam dalam Islam? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya

Penjelasan Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya tentang Khodam dalam Islam-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam beberapa waktu terakhir, cek khodam tengah viral dan menjadi sorotan di media sosial terutama TikTok dan Instagram.

Beberapa ulama termasuk Gus Baha, Ustaz Adi Hidayat, dan Buya Yahya pernah membahas mengenai hukum memelihara, memiliki, dan percaya pada Khodam dalam Islam.

Mayoritas dari mereka menganggap bahwa berurusan dengan Khodam atau jin sangat berisiko dan berbahaya. Menurut pandangan mereka, percaya pada ramalan atau kekuatan Khodam dapat masuk dalam kategori syirik.

BACA JUGA:Tinggalkan Perbuatan ini, Ustaz Adi Hidayat: Menghapus Amal Baik, Mendapat Siksa Kubur dan Kekal di Neraka

BACA JUGA:Ternyata Anak Bisa Sebabkan Orang Tua Masuk Neraka, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Khodam dianggap dapat mengarahkan manusia kepada kesesatan. Penting untuk dicatat bahwa ada berbagai jenis jin, termasuk Jin Qarin yang bertugas mendampingi manusia, serta Jin Khodam yang dikenal membantu manusia.

Secara etimologi, istilah "Khodam" berasal dari kata Arab "Khodim" yang artinya membantu. Jin Khodam umumnya berasal dari Jin Qarin atau golongan jin murni.

Menurut KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, berurusan dengan Khodam sangat merepotkan dan berisiko menyebabkan kesesatan.

"Mimpin jin itu repot, makanya kyai berpesan meskipun kamu alim tapi tapi kalau punya Khodam jin mending jangan! Karena biar bagaimanapun jin itu tetap curang. Ojo, jin itu tetap ngakali (Jangan, jin itu bisa menipu manusia)," ungkap Gus Baha.

Ulama kharismatik asal Rembang tersebut mengungkapkan bahwa kita sebaiknya tidak bangga apabila berurusan dengan Khodam.

"Menurut orang kuno, kalau bapaknya tidak kuat, anaknya juga tidak kuat. Lho saya ini kan anaknya kyai, cucunya kyai, betul, ngerti betul alam jin. Kamu belum pernah kan salat dimakmumi jin? Saya berulang kali. Dulu pesan bapak saya, jangan senang atau bangga mimpin jin," kata Gus Baha.

Sementara itu, Ustaz Adi Hidayat memiliki pandangan yang hampir mirip. Menurut Ustaz Adi Hidayat, manusia sebaiknya menghindari interaksi dengan jin.

BACA JUGA:Kenapa Perempuan Lebih Banyak Masuk Neraka Dibanding Laki-laki? Gus Baha: Karena Berbuat Ini

BACA JUGA:Cukup Amalkan Amalan Ini, Semua Penyakit Sembuh, Ijazah dari Gus Baha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: