Bagaimana Hukum Memiliki Khodam dalam Islam? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya

Bagaimana Hukum Memiliki Khodam dalam Islam? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya

Penjelasan Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha dan Buya Yahya tentang Khodam dalam Islam-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Hal tersebut disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Masjid As Salam.

Menurut Ustaz Adi Hidayat saat ini banyak orang yang mencoba berhubungan dengan jin. Bahkan menurut Ustaz Adi Hidayat hal tersebut sudah dijelaskan dalam Al Qur'an.

"Tugas kita hanya menghindarinya saja. Lihat Quran Surat 72, Al-Jinn, ayat 6. Ada sekelompok manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari (kalangan) jin. Namun jin justru menjadikan mereka (manusia) bertambah sengsara dan sesat. Ingat betul ya, kalau ada orang meminta bantuan kepada jin, awas! Kata Quran, jin itu tidak memberikan solusi, hanya mengundang masalah," terang Ustaz Adi Hidayat.

Berdasarkan penjelasan Ustaz Adi Hidayat, manusia dan jin hidup di alam yang berbeda sehingga sebaiknya tidak saling berhubungan.

"Di Quran, jin dan 'ins' disebutkan setidaknya 18 kali. Dan selalu berpasangan. Mengapa Allah selalu menyebutkan mereka bersama-sama? Salah satunya ingin menjelaskan bahwa alamnya beda, sifatnya beda. Jadi tidak bisa, Anda mengundang jin dari alam beda untuk menyelesaikan masalah Anda. Itu bisa menjadi masalah nantinya," papar Ustaz Adi Hidayat.

Di bagian lain, Buya Yahya juga pernah menjawab pertanyaan terkait memelihara dan berteman dengan Khodam Muslim.

BACA JUGA:Ternyata Gerakan Sholat Seperti Ini Meniru Gaya Ahli Neraka, Berikut Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA:Bulu Kucing Menempel di Sajadah atau Baju Saat Sholat, Apakah Sholatnya Sah? Ini Kata Buya Yahya

Hal tersebut disampaikan Buya Yahya dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Al-Bahjah TV.

"Manusia bingung kalau tidak punya kawan sesama manusia, itu orang bingung. Kawan aja dari jin, orang bingung itu. Santri di pondok baca Surat Al-Jinn, katanya ingin punya teman jin. Innalillahi, ini orang bingung. Kawan itu manusia. Kalau ingin ibadahmu kuat, cari istri yang benar, pasangan yang benar, jangan berurusan dengan jin!" terang Buya Yahya.

Pemilik Pondok Pesantren Al-Bahjah tersebut juga menjelaskan bahwa syarat untuk berteman dengan Khodam atau jin sangat berat.

Seseorang harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang syariat dan menjadi 'alim. Orang-orang biasa dikhawatirkan akan mudah terjerumus dalam hal ini.

"Ada ulama dulu mengatakan, boleh, seandainya kamu berurusan dengan jin. Tapi syaratnya apa? Dia harus seorang 'alim dan tahu benar tentang syari'at, kalau mau dibohongi jin dia tahu. Kalau dia bukan 'alim, dia tertipu, jadi dukun dia. Kiai dukun. Nah ini bahaya. Nggak ada urusan dengan jin, ini berbahaya sekali," demikian Buya Yahya.

BACA JUGA:Bolehkah Daging Kurban Diberikan Kepada Non Muslim, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat dan Buya Yahya

BACA JUGA:Bolehkah Menahan Kentut Saat Sholat, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: