Ini Dia 5 Obat Alami Ampuh Atasi Diare

Ini Dia 5 Obat Alami Ampuh Atasi Diare

Cara mengatasi diare dengan obat alami -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada sejumlah bahan alami yang dapat Anda jadikan alternatif oebat diare yang lebih sehat dan dapat memberikan manfaat lain untuk kesehatan tubuh. 

Obat diare alami yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran atau dibuat sendiri di rumah. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai obat-obat alami yang dapat mengatasi diare dengan efektif. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan di bawah ini. 

Diare merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang membuat penderitanya sering buang air besar (BAB) dengan tekstur tinja encer atau berair. Pada umumnya, diare terjadi karena konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh kuman.

Tidak hanya itu, diare juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lain, mulai dari alergi makanan, intoleransi laktosa, efek samping obat-obatan, hingga penyakit tertentu.

Ada beberapa obat diare alami yang ampuh untuk mengatasi gejala-gejala diare yang bisa dicoba dan dilakukan di rumah, salah satunya dengan meminum larutan oralit.

BACA JUGA:Bolehkah Penderita Diabetes Minum Madu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Untuk mengatasi keluhan diare dan mencegah terjadinya dehidrasi, ada beberapa obat diare alami yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Larutan rehidrasi oral (oralit)

Saat mengalami diare Anda disarankan untuk mengonsumsi larutan oralit, yaitu obat diare alami yang terbuat dari campuran air, gula, dan garam yang dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena mengandung mineral dan elektrolit.

Larutan oralit bisa dibuat dengan mudah di rumah dengan cara melarutkan 6 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam ke dalam 1 liter air. Lalu, aduk sampai merata dan minum larutan oralit tersebut sebanyak 250 ml setiap 4–6 jam sekali.

2. Cuka Apel

Obat selanjutnya yang dapat menyembuhkan diare adalah cuka apel. Saat mengalami diare Anda disarankan untuk mengonsumsi cuka apel sebagai obat alami diare. Cuka apel adalah ekstrak dari apel yang difermentasi sehingga menghasilkan senyawa pektin. 

Senyawa tersebut akan mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan meredakan peradangan usus akibat diare. 

BACA JUGA:Takut Makan Daging Kurban Karena Khawatir Kolesterol, dr Zaidul Akbar BagikanTips Mengatasi Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: