Bolehkah Penderita Diabetes Minum Madu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Bolehkah Penderita Diabetes Minum Madu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

dr Zaidul Akbar jelaskan boleh tidaknya penderita diabetes minum madu-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

"Maka, minumlah dengan hati yang tenang, hati yang bahagia, hati yang harap pada Allah untuk mengharapkan kesembuhan yang pertama," jelas dr Zaidul Akbar.

Lalu, yang kedua, menurut dr Zaidul Akbar, jika seseorang sudah memiliki penyakit tertentu, dan berdasarkan literasi atau pengetahuan ilmiah diketahui bahwa madu mengandung gula yang cukup tinggi, maka sebaiknya konsumsinya dibatasi.

"Kalau saya ditanya berapa banyak, saya tidak tahu jumlahnya berapa tapi lebih baik Anda yang merasakan sendiri," kata dr Zaidul Akbar. 

Misalnya, konsumsilah satu sendok madu per hari, tetapi dibagi menjadi tiga dosis. 

"Katakanlah misalkan tiga kali minum satu sendok makan itu atau mungkin tigak kali sendok teh tapi ingat Anda harus cek juga kalau-kalau misalkan biasanya orang-orang yang kena diabetes atau mungkin terkena gula atau kencing manis inikan mereka bisa merasakan kalau gulanya agak naik," papar dr Zaidul Akbar.

BACA JUGA:Istri Tak Kunjung Hamil, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Tokcer untuk Kesuburan Suami

BACA JUGA:Dengkul Keropos Karena Termakan Usia, dr Zaidul Akbar Sarankan Kurangi Ini

Namun, menurut dr Zaidul Akbar, jika tubuh tidak memberikan respon yang baik, seperti tidak kebal atau mengalami reaksi negatif, maka itu sebenarnya menjadi masalah.

Oleh karena itu, sebaiknya seseorang mencoba mengonsumsi madu dalam jumlah sedikit terlebih dahulu agar tubuh tidak kesulitan dalam menyerapnya.

dr Zaidul Akbar juga menyarankan bahwa madu sebaiknya dicampur dengan air saat dikonsumsi.

"Jadi madunya tadi satu sendok teh itu Anda campurkan pada air, air putih itu Anda minum itu juga lebih cepat untuk membuat madu itu terserap ke dalam tubuh kita dengan kadar gula yang tidak terlalu tinggi karena dia sudah larut dalam air," papar dr Zaidul Akbar.

Namun, menurut dr Zaidul Akbar, ini kembali kepada individu masing-masing untuk memahami dan mungkin melakukan pemeriksaan sendiri. Tujuannya agar tidak menyalahkan madu jika terjadi reaksi yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Takut Makan Daging Kurban Karena Khawatir Kolesterol, dr Zaidul Akbar BagikanTips Mengatasi Kolesterol

BACA JUGA:Cukup Konsumsi 2 Bumbu Dapur Ini, dr Zaidul Akbar Sebut Bisa Mengatasi Tulang Keropos atau Osteoporosis

Itulah penjelasan dr Zaidul Akbar tentang cara mengkonsums madu untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: