Bagini Tips Mudah Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicas, Bisa Untuk Semua Jenis Smartphone

Bagini Tips Mudah Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicas, Bisa Untuk Semua Jenis Smartphone

Tips mengatasi baterai hp yang tidak bisa dicas-freepik.com -

Salah satu penyebab baterai HP tidak bisa dicas karena jarang dibersihkan. Jadi, bersihkan Port USB pada HP Anda. Kebersihan smartphone harus diperhatikan karena berdampak pada kinerja smartphone itu sendiri seperti kebersihan port USB. 

Kebersihan Port USB berpengaruh pada proses pengisian daya listrik ke baterai. Jika port USB kotor dengan debu, bekas makanan atau sebagainya maka kotoran tersebut akan menghalangi port USB dengan kabel charger sehingga baterai tidak dapat terisi untuk membersihkan port USB disarankan menggunakan kapas atau Cotton Bud.

4. Letakkan Ponsel pada Posisi Horizontal

Penyebab baterai HP tidak bisa dicas yang terakhir adalah pastikan posisi smartphone dalam kondisi horizontal ketika di-charge. Maksud dari tips baterai ini adalah pastikan posisi smartphone berada di permukaan yang datar seperti meja belajar atau meja kerja.

Pasalnya jika smartphone berada dalam posisi vertikal dan menggantung dikhawatirkan tidak bisa terisi daya karena kabel charger tidak melekat secara maksimal di smartphone dan jika dibiarkan dapat merusak port USB smartphone Anda.

BACA JUGA:Intip Keunggulan Spesifikasi Realme C65, Tawarkan Kamera Jernih dan Detail

5. Update Sistem Operasi 

Cara ketiga untuk mengatasi smartphone tidak bisa di charge adalah melakukan pembaruan atau update Sistem Operasi. Bagi pengguna Android dan iOS sangat penting untuk memperbarui Sistem Operasi secara rutin. 

Tujuannya selain membuat smartphone lebih aman, juga membuat pengisian daya smartphone lebih maksimal. Pasalnya tidak menutup kemungkinan jika masalah pengisian baterai smartphone terjadi karena banyak bug dan gangguan pada perangkat lunak smartphone. 

6. Restart Ponsel

Cara mengatasi baterai tidak bisa di charge yang kelima dengan melakukan restart pada ponsel. Tujuannya untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM sehingga menganggu pengisian daya ponsel.

Melakukan restart pada smartphone menjadi solusi yang bisa dicoba ketika jika baterai smartphone tidak bisa menerima daya listrik ketika di-charge.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Ini Dia SD Card Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

7. Mengganti Baterai 

Tips dan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengganti baterai. Mengganti baterai bisa menjadi opsi untuk mengatasi masalah baterai smartphone tidak bisa melakukan pengisian daya. Sebelum mengganti, coba ingat-ingat apakah ponsel Anda sering terjatuh dan terbentur benda keras atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: