Benarkah Kurban Akan Menjadi Kendaraan di Surga, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Benarkah Kurban Akan Menjadi Kendaraan di Surga, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan tentang informasi yang menyebutkan hewan kurban akan menjadi kendaraan di akhirat-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kalangan umat Islam mungkin sering mendengar bahwa hewan kurban kelak di akhirat akan menjadi kendaraan menuju surga.

Lebih spesifik, hewan kurban tersebut akan menjadi kendaraan untuk melintasi Shiratal Mustaqim.

Cerita ini rupanya juga ditanyakan oleh seorang jemaah kepada Ustadz Adi Hidayat (UAH).

BACA JUGA:Umat Muslim Perlu Tahu, Berikut Orang-orang yang Wajib Kurban, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Benarkah yang Akan Berkurban Dilarang Potong Kuku dan Rambut, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Hal tersebut tanyakan kepada jemaah dalam suatu kajian yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Adi Hidayat Official.

"Saya pernah mendengar bahwa qurban kita akan menjadi kendaraan orang yang berkurban saat di akhirat Apakah benar Ustadz?" tanya jmaah tersebut kepada Ustaz Adi Hidayat.

Menanggapi pertanyaan itu, Ustaz Adi Hidayat menjawab bahwa dirinya juga pernah mendengar, bahkan membaca riwayat tersebut.

"Saya pun demikian pernah mendengar dan membaca juga referensi-referensi terkait, Khususnya ada riwayat yang disandarkan kepada Nabi SAW dengan kalimat gemukkanlah, baguskanlah hewan-hewan sembelihan kalian, karena sesungguhnya hewan-hewan kurban, hewan-hewan sembelihan yang dibaguskan itu nanti akan datang di hari kiamat menjadi kendaraan kalian melewati shirat," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Hanya saja, berdasarkan keterangan Ustaz Adi Hidayat, para ulama menilai hadits ini tergolong hadits yang lemah. Bahkan, sebagian ulama lainnya menilai hadits ini tidak memiliki asal.

"Namun demikian persoalannya, riwayat ini dan riwayat-riwayat terkait, nanti ada beberapa jenis lafadz-lafadz yang berbeda ada yang samminu atau addzimmu, besarkan, baguskan, cari yang terbaik hewan kurban kalian dan ujungnya sama bahwa sesungguhnya hewan-hewan itu akan jadi kendaraan tunggangan kalian saat melewati shirat atau di hari kiamat," terang Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Bolehkah Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Ingin Pahala Diupgrade Langsung oleh Allah SWT, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

"Seluruh riwayat-riwayat ini persoalannya dinilai oleh para ulama-ulama pakar dibidang ahli hadis itu sebagai riwayat-riwayat yang sangat lemah, bahkan sebagian di antaranya tidak memiliki asal. Sehingga disebut hadits-hadits yang bermasalah," tambah Ustaz Adi Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: