Jangan Disepelekan, Simak 5 Penyebab Gusi Berdarah

Jangan Disepelekan, Simak 5 Penyebab Gusi Berdarah

Kondisi yang dapat menyebabkan gusi berdarah-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika Anda sering kali mendapati gusi berdarah saat melakukan aktivitas sehari-hari. Ada sejumlah penyebab yang membuat kondisi tersebut terjadi. 

Menyikat gigi terlalu keras bisa menjadi salah satu penyebab gusi berdarah. Selain itu, gusi berdarah juga bisa terjadi karena kondisi medis tertentu, mulai dari kekurangan vitamin hingga kelainan darah. 

Masih ada sejumlah penyebab gusi berdarah yang perlu Anda ketahui. Yuk, ketahui berbagai penyebab gusi berdarah dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

Meskipun cenderung tidak berbahaya, gusi berdarah tetap tidak boleh disepelekan. Pasalnya, gusi mudah berdarah yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh gangguan kesehatan yang menyebabkan tubuh lebih rentan mengalami perdarahan. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gusi berdarah:

BACA JUGA:Kebiasaan Rasulullah SAW di Awal Dzulhijjah, Ustaz Abdul Somad: Informasi Langsung dari Istri Nabi

1. Radang gusi

Salah satu penyebab gusi berdarah adalah radang gusi atau gingivitis. Kondisi ini lebih berisiko dialami orang yang kurang menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Hal ini kemudian akan mendorong terbentuknya plak atau karang gigi di sekitar gusi.

Jika dibiarkan, plak dan karang gigi dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan peradangan. Kondisi inilah yang menyebabkan gusi jadi mudah berdarah saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi, walaupun menyikat gigi sudah dilakukan dengan lembut.

2. Jarang sikat gigi

Jika Anda jarang menggosok gigi, lapisan plak yang menutupi permukaan gigi akan makin menebal dan mengeras. Plak tersebut kemudian membentuk karang gigi.

Adanya karang gigi menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan yang terjadi membuat gusi menjadi bengkak, kemerahan, dan mudah berdarah.

Untuk mencegah plak dan karang gigi, para ahli menyarankan agar Anda rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Lakukan aktivitas ini selama dua menit dengan metode yang benar.

BACA JUGA:Hindari Bau Badan, Ini Dia 5 Cara Efektif Menghilangkan Bulu Ketiak

3. Kekurangan vitamin C dan K

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: