Tips Merawat Ikan Cupang, Ini 11 Cara Yang Mesti Dilakukan

Tips Merawat Ikan Cupang, Ini 11 Cara Yang Mesti Dilakukan

Tips merawat ikan cupang-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Jangan lupa untuk mengendapkan dahulu air yang akan digunakan setidaknya selama semalam. Hal ini dilakukan agar zat-zat kimia yang ada dalam air mengendap dan tidak membahayakan ikan. Dengan menjaga kebersihan dan kualitas air, ikan cupang kamu akan tetap sehat dan aktif.

BACA JUGA:Tips Agar Ikan Hias Berwarna Cerah dan Cantik

BACA JUGA:Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium, Agar Tak Mati

4. Memberi Makan

Ikan cupang itu makan apa, sih? Sudah tahu belum, kalau ikan cupang itu karnivora? Ikan cupang dapat diberi makan cacing, serangga, larva serangga, dan pelet khusus untuk cupang. Berilah ikan cupang makan dua kali sehari. 

Makanan yang bergizi akan membuat ikan cupang kamu memiliki pertumbuhan yang baik pula. Pastikan makanan yang diberikan cukup beragam dan seimbang agar ikan cupang tetap sehat dan aktif.

5. Jemur Di Bawah Matahari

Tidak hanya manusia, ternyata ikan cupang pun butuh berjemur. Menjemur ikan cupang di bawah sinar matahari bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit serta di wadah ikan cupang. 

Waktu yang tepat untuk menjemur ikan cupang adalah pukul 8 hingga 10 pagi, selama sekitar 30 menit. Pastikan ikan tidak terkena sinar matahari langsung terlalu lama agar tidak stres atau kepanasan.

6. Memberi Daun Ketapang

Ikan cupang dapat diberikan daun ketapang sebagai obat antibiotik alami untuk mengatasi luka pada sirip atau ekor yang terluka. Selain itu, daun ketapang juga membantu menstabilkan pH air, menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan alami bagi ikan cupang. 

Tambahkan beberapa daun ketapang ke dalam akuarium untuk mendapatkan manfaat ini.

BACA JUGA:Tips Merawat Ikan Hias Agar Panjang Umur

BACA JUGA:Tips Merawat Ikan Hias Agar Panjang Umur

7. Memberi Garam Khusus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: